Protipe Roket SpaceX Sukses Mendarat Sebelum Meledak

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 05/Mar/2021 00:09 WIB
Pesawat antariksa milik SpaceX, Starship SN9, meledak setelah uji terbang dari fasilitas pengujian di Boca Chica, Texas, Senin, 2 Februari 2021. (Foto: Gene Blevins/Reuters) Pesawat antariksa milik SpaceX, Starship SN9, meledak setelah uji terbang dari fasilitas pengujian di Boca Chica, Texas, Senin, 2 Februari 2021. (Foto: Gene Blevins/Reuters)

Jakarta (BeritaTrans.com) - Prototipe roket SpaceX berhasil mendarat dengan sendirinya setelah melakukan uji coba ketinggian pada hari Rabu (3/3) dari Boca Chica, Texas. Namun pesawat ruang angkasa itu meledak berkeping-keping sekitar delapan menit setelah mendarat.

Reuters melaporkan, itu adalah upaya pendaratan ketiga yang berakhir dengan bola api setelah Starship sukses melakukan uji terbang. Roket tersebut dikembangkan oleh SpaceX untuk membawa manusia dan 100 ton kargo untuk misi masa depan ke Bulan dan Mars.

Bagi Elon Musk, miliarder pendiri SpaceX yang juga mengepalai produsen mobil listrik Tesla Inc, hasilnya beragam.

Starship SN10 semakin dekat untuk mencapai pendaratan secara vertikal yang aman daripada dua model sebelumnya - SN8 pada bulan Desember dan SN9 pada bulan Februari. Dalam sebuah tweet yang menanggapi ucapan selamat dari pengagum karyanya, Musk menjawab, "RIP SN10, pemberhentian yang terhormat."

Roket Starship lengkap, yang akan berdiri setinggi 120 meter saat digabungkan dengan pendorong tahap pertama yang sangat berat, adalah roket. generasi terbaru SpaceX yang dapat digunakan kembali. Musk berambisi untuk membuat perjalanan luar angkasa manusia lebih terjangkau.

Penerbangan orbital Starship pertama direncanakan akan dilakukan pada akhir tahun. Musk mengatakan dia bermaksud untuk menerbangkan miliarder Jepang Yusaku Maezawa keliling bulan dengan Starship pada tahun 2023. 

(lia/sumber:voaindonesia.com)