United Airlines Parkirkan Lagi Boeing 777 ke Gurun

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 21/Mar/2021 12:40 WIB


NEW MEXICO (BeritaTrans.com) - Satu lagi pesawat Boeing 777 United Airlines diterbangkan ke gurun dan diparkirkan di sana.

Keputusan penarkiran itu dilakukan setelah insiden terbakarnya satu mesin pesawat Boeing 777 maskapai tersebut dan disusul dengan perintah regulator penerbangan sipil Amerika (FAA) agar semua Boeing 777 yang ditenagai oleh mesin Pratt & Whitney PW4000 dicek ulang..

Baca Juga:
Emirates Kerjasama Dengan United, Terbang ke AS Jadi Makin Mudah

Pesawat yang dikirim ke Roswell  terdaftar sebagai N793UA. Foto: Colin Brown Photography melalui Wikimedia Commons

Simple Flying menghubungi United Airlines, yang memberikan pernyataan berikut:

Baca Juga:
Tabrakan Libatkan Pesawat Boeing 777-300ER dan Boeing 737-800 Biman Bangladesh Airlines di Hanggar Bandara

"Kami merelokasi beberapa pesawat ke lokasi di mana kami memiliki sumber daya dan fasilitas untuk merawatnya dengan baik saat berada dalam penyimpanan."


Berbagai situs layanan pelacakan penerbangan memperlihatkan Boeing 777 bertenaga PW4000 yang dioperasikan oleh United Airlines terbang ke barat dari rumahnya di Newark Liberty Airport (EWR) ke Roswell International Air Center Airport (ROW).

Baca Juga:
Tabrak Burung, Kaca Depan Boeing 777-200ER PIA Retak, Pilot Alihkan Pendaratan

Jet berangkat EWR pukul 12:48 waktu setempat dan, setelah terbang sekitar tiga jam 48 menit, tiba di ROW pukul 14:26 waktu setempat.

ROW bukanlah tujuan United Airlines biasa, juga bukan bandara penumpang biasa. Bandara ini adalah rumah bagi Roswell International Air Center (RIAC).

Menurut Airplane Boneyards, ROW adalah rumah bagi sejumlah perusahaan yang menyimpan, memperbarui, dan membongkar pesawat. Dengan iklim kering, kelembapan rendah, dan ruang yang luas, Roswell adalah situs yang ideal untuk penyimpanan jangka panjang.

Jalur penerbangan N793UA pergi dari Newark ke Roswell. Foto: RadarBox.com

United Airlines telah menggunakan Roswell sebagai salah satu situs penyimpanan utamanya. Sebagian armadanya sudah tersimpan di sana akibat krisis kesehatan global.

Boeing 777-200 sebenarnya bergabung dengan beberapa United Airlines 777-200 lainnya yang sudah diparkir di sana. Jet-jet lainnya ini dikirim ke Roswell sepanjang tahun 2020. Misalnya, N206UA dikirim pada April 2020, sedangkan N209UA dikirim beberapa bulan kemudian, pada September.

Data penerbangan dari RadarBox.com (disematkan di bawah) menunjukkan bahwa N793UA memang aktif sampai berita arahan kelaikan udara darurat dari FAA. Kemudian, setelah 21 Februari, semua aktivitas penerbangan berhenti, dan jet tetap di darat di Newark- membuatnya hampir sebulan penuh sejak layanan reguler.

Daftar penerbangan terbaru yang dioperasikan oleh N793UA. Foto: RadarBox.com