Meski Ada Larangan Mudik, Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Naik Jelang Lebaran: Tetap Patuhi Semua Ketentuan Pemerintah

  • Oleh : Dirham

Rabu, 31/Mar/2021 11:16 WIB
Suasana Bandara Soekarno Hatta. Suasana Bandara Soekarno Hatta.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta memperkirakan adanya peningkatan jumlah penumpang pesawat, selama musim mudik lebaran. Meski telah dilarang, diperkirakan peningkatan penumpang naik hingga 50 persen.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi menjelaskan, pihaknya tetap mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pada periode menjelang hari raya Idulfitri.

Baca Juga:
Bandara Soekarno-Hatta Ramai, Penumpang Penuhi Konter Check In

Untuk itu, pihaknya melakukan berbagai upaya dalam mempersiapkan adanya lonjakan penumpang pada periode tersebut.

"Kalau kemarin (sebelum larangan mudik), diprediksi kenaikan trafik bisa sampai 70 persen dari normal. Tapi sekarang, setelah tidak diizinkan, estimasi kami meningkat hanya 50 persen saja dari angka normal," ungkap Agus dikonfirmasi, Rabu (31/3).

Baca Juga:
Kronologi AP II Pecat 3 Petugas Bandara Soetta Karena Jemput Bahar Bin Smith

Diterangkan Agus, selama masa Pandemi Covid-19 ini, jumlah penumpang dari dan menuju Bandara Soetta, hanya berkisar antara 25 persen dari jumlah penumpang sebelum Pandemi.

Dengan prediksi peningkatan penumpang, meski adanya larangan, pihak pengelola Bandara Soetta, akan melakukan pengetatan izin terbang dan penerapan ketat protokol kesehatan.

Baca Juga:
Petugas Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Kokain dalam Botol Shampo

"Kami akan ikuti dan patuhi surat keputusan ataupun surat edaran dari regulator. Bagaimanapun, kita juga harus ikut membantu menekan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Belajar dari pengalaman larangan mudik tahun lalu, peningkatan penumpang masih terjadi meski sudah sangat diketatkan. "Kita enggak boleh lengah, dan harus tetap siaga," kata dia. (omy/ds/sumber Merdeka.com)