Pengguna Layanan GeNose di Daop 1 Jakarta Mencapai 19.000 Selama Libur Akhir Pekan

  • Oleh : Fahmi

Senin, 05/Apr/2021 15:19 WIB
Calon pengguna kereta api jarak jauh melakukan tes GeNose di Stasiun Bekasi. Calon pengguna kereta api jarak jauh melakukan tes GeNose di Stasiun Bekasi.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Selama libur akhir pekan yang dibarengi hari libur nasional, pengguna layanan tes GeNose di area KAI Daop 1 Jakarta mencapai sebanyak 19.000. Masa itu terhitung empat hari pada tanggal 1-4 April 2021. 

Jumlah itu didata dari pelayanan yang ada di tiga stasiun pelayanan tes GeNose, yaitu Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir dan Stasiun Bekasi. 

Baca Juga:
Menteri Budi Targetkan Revitalisasi Stasiun Bekasi Selesai Akhir Tahun 2021

"Tanggal 1-4 April, total terdapat sekitar 19.000 calon pengguna yang menggunakan layanan GeNose tes di Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Bekasi," kata Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunnisa melalui pesan Whatsapp kepada BeritaTrans.com, Senin (5/4/2021). 

Eva juga menjelaskan, mengenai calon penumpang kereta api, yang tidak dapat melanjutkan perjalanan atau dinyatakan positif GeNose maka pengembalian tiket. 

Baca Juga:
Pekan Pertama Bulan Puasa, Keberangkatan KA Jarak Jauh dari Jakarta masih Normal

"Jika kedapatan positif, yang tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan dibantu pengembalian 100%," ujarnya. 

Mengenai data yang positif, menurut Eva harus diumumkan bersama satu pintu oleh Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19. 

Baca Juga:
Menhub Naik KRL dari Jatinegara untuk Sosialisasi Kendaraan Listrik di Stasiun Bekasi Timur

Pengguna meningkat sepanjang libur akhir pekan 

Sepanjang liburan panjang yang bertepatan di akhir pekan selama periode 1 s.d 3 April 2021, KAI telah memberangkatkan 130.840 pelanggan KA Jarak Jauh. 

Kepala Humas KAI, Joni Martinus menjelaskan, jumlah tersebut meningkat 42% dibandingkan periode yang sama pada pekan lalu yaitu periode 25 s.d 27 Maret 2021, yaitu sebanyak 92.414 pelanggan. 

"Meski ada peningkatan, KAI tetap membatasi jumlah tiket yang dijual yaitu hanya maksimal 70% dari jumlah kapasitas tempat duduk yang tersedia," ujar Joni, Ahad (4/4/2021). 

Dijelaskan juga, rute yang menjadi favorit masyarakat adalah rute Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Semarang pp, dan Jakarta - Bandung pp. 

KAI menengaskan seluruh pelanggan telah mematuhi seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah selama berada di stasiun dan dalam perjalanan kereta api.(fahmi)