KAI Salurkan Bantuan Rp50 Juta bagi Korban Gempa di Malang

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 23/Apr/2021 17:46 WIB
Penyaluran bantuan sembako oleh PT KAI kepada masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Malang. Penyaluran bantuan sembako oleh PT KAI kepada masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Malang.

MALANG (BeritaTrans.com) - Pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan bantuan dalam bentuk sembako senilai total Rp50 juta untuk masyarakat Malang dan sekitarnya yang terdampak gempa pada 10 April 2021 lalu. 

Bantuan yang termasuk dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini diserahkan oleh Direktur Operasi KAI Heru Kuswanto kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang yang diwakili oleh Kasubag Umum Vivi Lokasari di kantor BPBD Malang, Kamis (22/4/2021). 

Baca Juga:
Top, Selama Triwulan I, Volume Penumpang Kereta Api Naik 11%

“Penyaluran bantuan ini sebagai salah satu bentuk kontribusi nyata KAI bagi masyarakat yang membutuhkan dalam kondisi krisis, dampak dari bencana alam gempa bumi yang terjadi beberapa hari lalu,” ujar Direktur Operasi KAI Heru Kuswanto. 

Bantuan senilai Rp50 juta tersebut berupa 303 paket sembako yang masing-masing berisi beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg, dan tepung terigu 3 kg. 

Baca Juga:
Tiket Kereta Api Tidak Tersedia? Cek di Connecting Train Aja!

Heru Kuswanto menjelaskan sebagai perwujudan BUMN untuk Indonesia, KAI menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan. 

Dia menambahkan di masa seperti sekarang ini semangat membantu harus lebih ditingkatkan lagi untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana. 

Baca Juga:
Kereta Api Suite Class Compartment dan Luxury Laris Manis saat Angkutan Lebaran 2024

Heru Kuswanto berharap, seluruh bantuan yang diberikan KAI dapat membantu mencukupi kebutuhan pokok masyarakat yang membutuhkan akibat gempa yang terjadi. 

"Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu mencukupi kebutuhan pokok masyarakat, serta perekonomian masyarakat dapat bangkit kembali,” tutup Heru Kuswanto. 

Sementara itu, Kasubag Umum BPBD Kab. Malang Vivi Lokasari mengungkapkan apresiasinya kepada KAI atas bantuan tersebut. Dirinya berharap paket sembako ini dapat memberikan manfaat untuk korban gempa yang membutuhkan. 

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada KAI atas bantuannya untuk korban gempa di Kab. Malang. Semoga dengan bantuan ini akan menambah rezeki dan bermanfaat bagi yang membutuhkan,” kata Vivi Lokasari. 

Sebagaimana info yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur di situs resminya, gempa terjadi pada Sabtu, 10 April 2021 pukul 14.00 WIB di Selatan Kab. Malang dengan kekuatan 6,1 SR. Dampaknya, 8 orang meninggal dan 39 orang luka-luka, serta merusak 3 ribu bangunan rumah dan fasilitas umum.(fahmi)