Jelang MotoGP Spanyol 2021, Marc Marquez Dilarang Naik Motor

  • Oleh : Bondan

Minggu, 25/Apr/2021 07:42 WIB
Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. Foto: Kompas.com. Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. Foto: Kompas.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pebalap Repsol HondaMarc Marquez tidak tahu kapan dirinya benar-benar fit untuk berkompetisi di MotoGP Musim ini. Dia dilarang naik motor menjelang MotoGP Spanyol. 

Marc Marquez balapan lagi setelah sembilan bulan absen. Dia menandai comeback-nya dengan hasil positif di MotoGP Portugal 2021.

Baca Juga:
Ikut Kagum, Ayah Valentino Rossi: Pedro Acosta Perpaduan The Doctor dan Marc Marquez!

Membalap di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Minggu (18/4/2021), Marquez selesai di urutan ketujuh setelah start dari posisi keenam.

Finis ketujuh pada MotoGP Portugal membuat Marquez kini mengoleski sembilan angka. Dia berada di peringkat ke-14 klasemen MotoGP.

Baca Juga:
Hasil FP2 MotoGP Italia 2021: Bagnaia Tercepat, Rossi dan Marquez Masih Tertinggal

Meski tampil cukup baik pada balapan seri ketiga Kejuaraan Dunia 2021 itu, Marquez tidak bisa bohong soal kondisi lengannya yang habis cedera patah tulang humerus.

Pebalap berjuluk The Ant of Cervera itu mengakui bahwa dirinya cukup menderita hampir sepanjang race yang berlangsung selama 25 lap itu.

Baca Juga:
Mental Marc Marquez di MotoGP Prancis 2021 Seperti Binatang Buas

“Saya mengendarai dengan gaya berkendara yang sangat aneh dan saya tidak bisa melakukan apa-apa," ucap Marquez, seprti dikutip dari Motorsport,Sabtu (24/4/2021).

“Misalnya, tujuh lap terakhir (di Portugal) saya bahkan tidak bisa menggunakan siku untuk menyentuh tanah," Marquez menambahkan.

Soal kondisi fisiknya, Marquez benar-benar tidak tahu kapan dirinya akan kembali fit sepenuhnya untuk berkompetisi di MotoGP musim ini.

Semua itu tergantung kepada kondisi dan karakteristik sirkuit MotoGP di balapan-balapan berikutnya.

“Sejujurnya saya tidak tahu, karena itu tergantung pada sirkuit, apakah itu benar-benar trek fisik atau bukan,” ucap pemilik enam gelar juara dunia MotoGPitu.

Setelah beraksi di Portugal, Marc Marquez akan membalap di Sirkuit Jerez untuk mengikuti rangkaian MotoGP Spanyol 2021 (30 April-2 Mei).

Dia telah diperintahkan oleh dokter untuk tidak mengendarai motor apa pun menjelang seri MotoGP Spanyol.

Pebalap 28 itu hanya diperbolehkan berlatih di pusat kebugaran dengan intensitas latihan yang ringan.

"Sekarang dari balapan ke balapan saya tidak akan naik motor apa pun, saya hanya akan berlatih di gym tiga, maksimal empat hari dan dengan tidak banyak beban," ucapnya.

“Tidak bisa (latihan) setiap hari dan setiap minggu. Jadi, ini adalah alasan lain yang tentunya akan membutuhkan waktu untuk kembali dalam kondisi fisik yang baik," ucap Marquez.

“Saya harus mengikuti saran dari para dokter karena mereka memberi saya kesempatan untuk mengendarai motor MotoGP," tutur Marquez. (dan/sumber: Kompas.com)