Ongkos Masih Gratis, BRT Trans Cirebon Bakal Diperluas Hingga Kabupaten Cirebon

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 01/Mei/2021 11:14 WIB
Dirut Perusahaan Daerah Pembangunan Kota Cirebon,  Panji Amiarsa. (Ist.) Dirut Perusahaan Daerah Pembangunan Kota Cirebon, Panji Amiarsa. (Ist.)

CIREBON (BeritaTrans.com) – Tarif Bus Rapid Transit  (BRT)  Trans Cirebon sejak dioperasikan pada Senin (12/4/2021) hingga kini masih gratis. Animo masyarakat terhadap kehadiran  bus modern ini cukup tinggi.

Hal itu diungkapkan Dirut Perusahaan Daerah Pembangunan Kota Cirebon, Panji Amiarsa  ditemui di sela-sela kegiatan di Ruang Kanigaran Balai Kota Cirebon, Jumat (30/4/2021).

Menurutnya,  sejak dioperasikan  sampai saat ini masyarakat masih menikmati tarif gratis naik BRT Trans Cirebon. Sembari menunggu proses kebutuhan yang bersifat administratif selesai.  

Melihat ke depan katanya pihaknya akan melakukan sejumlah evaluasi. Terutama menyangkut bagaimana antusias masyarakat menyambut pengoperasian BRT Trans Cirebon ini selanjutnya.  

Pihaknya saat ini masih terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon. Hal itu dilakukan  guna merintis koridor baru yang akan melintasi wilayah Kabupaten Cirebon atau Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

“Untuk AKDP prosesnya akan dilakukan pekan depan. Pekan ini masih lanjutan dari dua pekan sebelumnya. Rute BRT Trans Cirebon masih dalam Kota Cirebon,” jelasnya.

Evaluasi yang dilakukan, lanjut Panji, menyangkut keseluruhan. Mulai dari halte sampai pembenahan dan penetapan pool (garasi bus). Semua akan ditentukan pekan ini.

Skema tarif  pascagratis menurut Panji, sedang dibahas  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon. “Halte juga  nanti dikomunikasikan  dengan Pemda Kabupaten Cirebon. Hal-hal terkait rute AKDP  termasuk haltenya sedang dipersiapkan,” ungkapnya.

Kepala Dishub Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan, tarif gratis BRT Trans Cirebon diperpanjang. Terkait trayek diakui sampai sekarang masih di dalam Kota Cirebon. Mengenai izin trayek dalam bentuk fisik untuk AKDP belum didapatkan.  

BRT Trans Cirebon menjadi pilihan moda transportasi baru warga Cirebon (Kota dan Kabupaten Cirebon). BRT Trans Cirebon diresmikan pengoperasiannya oleh Wakil Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati pada hari Senin (12/4/2021).

Sejak saat itu,  Trans Cirebon melayani warga yang ingin merasakan naik kendaraan umum modern.  “Disebut kendaraan umum modern,  karena bus ini dilengkapi beberapa fasilitas terkini seperti Wi-Fi gratis dan kamera pemantau (CCTV) serta full AC,” ujarnya. (Taryani)