Kabar Marc Marquez Setelah Crash Hebat di FP3 MotoGP Spanyol

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 02/Mei/2021 11:10 WIB
Marc Marquez bersama Dr Angel Charte menunggangi motor menuju pusat medis Sirkuit Jerez setelah mengalami kecelakaan hebat pada akhir-akhir sesi FP3 MotoGP Spanyol, Sabtu (1/5/2021). Foto: Kompas.com. Marc Marquez bersama Dr Angel Charte menunggangi motor menuju pusat medis Sirkuit Jerez setelah mengalami kecelakaan hebat pada akhir-akhir sesi FP3 MotoGP Spanyol, Sabtu (1/5/2021). Foto: Kompas.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tim Repsol Hondamemberikan kabar terkini perihal kondisi Marc Marquez yang mengalami crash lowside di Tikungan 7 pada sesi Free Practice 3 MotoGP Spanyol, Sabtu (1/5/2021).

Marc Marquez mengalami kecelakaan hebat pada akhir-akhir sesi FP3 tersebut.

Baca Juga:
Ikut Kagum, Ayah Valentino Rossi: Pedro Acosta Perpaduan The Doctor dan Marc Marquez!

Ini adalah kali pertama Marc Marquez membalap di Sirkuit Jerez sejak ia mengalami cedera humerus lengan kanan yang memaksanya absen sepanjang Kejuaraan Dunia 2020 dan gelarnya diambil Joan Mir (Suzuki).

Kali ini, juara dunia delapan kali tersebut kehilangan cengkeraman di roda depan saat memacu motornya dalam kecepatan 180 km/jam memasuki Tikungan 7.

Baca Juga:
Hasil FP2 MotoGP Italia 2021: Bagnaia Tercepat, Rossi dan Marquez Masih Tertinggal

Alhasil, ia terjatuh dan terseret melewati gravel trap sebelum menabrak air fencealias pagar pembatas sirkuit yang relatif empuk dengan kecepatan tinggi.

Kendati sempat tersungkur di gravel, Marquez bisa berjalan dari lokasi kejadian dan bahkan naik skuter kembali ke paddock.

Baca Juga:
Mental Marc Marquez di MotoGP Prancis 2021 Seperti Binatang Buas

Tim Repsol Honda lalu memberikan update mengenai kondisi sang rider setelah ia kembali ke lap.

Pertama, mereka memasang foto yang menunjukkan Marquez bisa membawa sendiri motor menuju pemeriksaan di pusat medis Sirkuit Jerez.

Kamera menangkap pebalap asal Spanyol tersebut naik motor bebek menuju pusat medis bersama Dr Angel Charte untuk menjalani pemeriksaan menyeluruh.

Tim Repsol Honda pun mengabarkan kalau sang pebalap andalan mereka itu tak menderita cedera lanjutan setelah crash tersebut.

"Setelah menjalani pengecekan medis, Marc Marquez tak mengalami cedera serius hanya memar-memar," tulis pernyataan resmi tim Repsol Hondasingkat.

Marc Marquez sendiri mencatatkan waktu tercepat ke-12 saat ia jatuh dan dirinya bakal menjadi salah satu rider yang bakal memulai dari Q1 malam hari nanti.

Di tengah absensi Marquez, deretan pebalap yang lolos ke Q2 dikepalai oleh sesama rider Honda, Takaaki Nakagami.

Pebalap LCR Honda itu mencatatkan waktu tercepat 1 menit 36,985 detik disusul oleh Fabio Quartararo (Yamaha) dan rekan setim Marquez, Stefan Bradl, yang turun sebagai rider wildcard.

Mereka bersama lima pebalap lainnya dipastikan masuk otomatis ke Q2 untuk memperebutkan pole position.

Daftar pebalap yang melaju ke Q2 MotoGP Spanyol 2021: 

  • Takaaki Nakagami (LCR Honda)
  • Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
  • Stefan Bradl (Repsol Honda)
  • Joan Mir (Suzuki Ecstar)
  • Aleix Espargaro (Aprilia)
  • Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha)
  • Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT)
  • Francesco Bagnaia (Ducati)
  • Johann Zarco (Pramac Racing) Alex Rins (Suzuki Ecstar) (dn/sumber: Kompas.com)