Manfaatkan Momen Hari Pendidikan Nasional, Pelindo I Ajak Anak-anak Pesisir Deli Melek Literasi

  • Oleh : Naomy

Senin, 03/Mei/2021 19:45 WIB
Pelindo I ajak anak-anak pesisir melek literasi Pelindo I ajak anak-anak pesisir melek literasi


MEDAN (BeritaTrans.com) - Manfaatkan momen Hari Pendidikan Nasional tahun 2021, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I ajak anak-anak melek literasi.

Dengan memberikan edukasi dunia maritim dan pelabuhan kepada anak di Pesisir Deli Serdang, Dusun Kurandak, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara Ahad (2/5/2021).

Baca Juga:
SPMT Branch Tanjung Emas Siap Sambut Arus Mudik Lebaran 2024

Dalam kegiatan tersebut Pelindo I memberikan perlengkapan belajar kepada puluhan anak yang memiliki keterbatasan literasi, untuk menumbuhkan kecintaan pada dunia pendidikan dan maritim. 

VP Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami menerangkan, kegiatan sosial ini merupakan aksi nyata perusahaan dalam mendukung pendidikan, khususnya masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja Pelindo I.  

Baca Juga:
Pelindo Berbagi Ramadhan 2024: SPMT Santuni 840 Anak Yatim, Bagikan 6.150 Takjil dan 3.900 Sembako Gratis

“Kegiatan edukasi ini merupakan aktivitas rutin kami, yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial, khususnya bagi masyarakat sekitar Pelindo I. Kami memberikan edukasi kepada anak-anak sejak dini untuk menumbuhkan kesadaran literasi, serta mengenalkan apa itu peran maritim dan pelabuhan bagi masyarakat sekitarnya,” urai Fiona di Medan, Senin (3/5/2021).

Dalam aksinya Pelindo I bersama dengan Komunitas Rumah Kita, mengajak anak-anak untuk membaca dan  menulis bersama. Selain itu memberikan pengenalan edukasi tentang kepelabuhanan melalui cerita dan kegiatan mewarnai. 

Baca Juga:
SPMT Cabang Malahayati dan Lhokseumawe Kawal Lognas dengan Tingkatkan Layanan

Tak hanya itu, Pelindo I juga memberikan bantuan perlengkapan belajar, seperti meja belajar, tas, buku dan alat tulis, serta buku-buku bacaan yang dapat meningkatkan kemampuan, dan menumbuhkan semangat anak-anak dalam kesadaran literasi.

Berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan pesantren kilat yang diadakan oleh komunitas Rumah kita, sebagai mendukung aktivitas di bulan Ramadhan.

"Dusun Kurandak dipilih karena lokasinya yang berada di wilayah terpencil, dengan akses dan fasilitas yang belum memadai, serta mayoritas anak yang memiliki kemampuan literasi yang terbatas, menjadi sasaran yang tepat untuk diberikan edukasi," ungkapnya.

Darwansyah Nasution, Kepala Dusun, Dusun Kurandak menyampaikan
terima kasih kepada Pelindo I dan Komunitas Rumah Kita yang sudah memberikan edukasi dan bantuan kepada anak-anak Dusun Kurandak. 

Masyarakat di sini memang masih sangat membutuhkan fasilitas pendidikan, Dusun Kurandak hanya memiliki sarana pendidikan ditingkat Sekolah Dasar, untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi harus menempuh perjalanan sejauh 17 Km menggunakan jalur darat, atau 3 Km melalui jalur laut," katanya.

Untuk menuju fasilitas kesehatan pun harus menempuh perjalanan yang sama jauhnya. 

"Dusun Kurandak memiliki akses yang masih sangat terbatas, sehingga kami masih membutuhkan perhatian dari masyarakat diluar Dusun Kurandak," ungkap dia. (omy)