Alasan Pilot dan Pramugari Tak Perlu Lewati Pos Pemeriksaan Keamanan Bandara

  • Oleh : Redaksi

Senin, 10/Mei/2021 14:50 WIB


Jakarta (BeritaTrans.com) - Bandara menerapkan sistem keamanan yang lebih ketat dibanding moda transportasi lainnya.

Tak heran, jika ada sejumlah pos pemeriksaan dan petugas keamanan bandara yang dikerahkan untuk berjaga-jaga.

Baca Juga:
Rayakan Pergantian Tahun: Angkasa Pura II, Lion Air Group dan Super Air Jet Gelar Flashmob di Bandara Soetta

Biasanya seorang penumpang yang ingin bepergian menggunakan pesawat terbang harus melewati pos pemeriksaan keamanan bandara terlebih dahulu.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi barang bawaan terlarang yang dibawa masuk penumpang ke dalam pesawat.

Baca Juga:
Daftar 10 Bandara yang Bikin Pramugari Sebal

Tapi tahukah kamu, jika pilot dan pramugari tidak perlu melewati pos pemeriksaan keamanan bandara layaknya penumpang lainnya?

Baru-baru ini seorang pramugari dari AS Kat Kamalani membagikan beberapa alasan mengapa penumpang tidak sering melihat pilot dan pramugari melewati bagian keamanan bandara.

 

Kat Kamalani membagikan alasannya ini melalui video yang diunggahnya di akun TikTok @katkamalani

Sebelumnya Kat Kamalani diketahui sering membagikan sejumlah rahasia dan tips pesawat di akun TikTok miliknya.

 

Dan beberapa waktu yang lalu, ia menjelaskan bagaimana penumpang bisa mendapatkan minuman gratis dan upgrade kelas saat bepergiaan dengan pesawat.

Sementara kali ini, dirinya membagikan alasan mengapa penumpang jarang melihat pilot dan pramugari melalui pos pemeriksaan keamanan bandara.

Kat menjelaskan, "Pernahkah anda berada di bandara dan anda berpikir di mana semua pramugari dan pilotnya? mengapa mereka tidak melalui pos pemeriksaan keamanan bandara?."

"Aku akan memberitahumu, kemana sebenarnya kita pergi," lanjutnya.

Ia menambahkan, "Jadi di sebagian besar bandara besar, kami memiliki sesuatu yang dikenal sebagai KCM atau Kartu Keanggotaan yang didapat selama bekerja. Kami mendapatkan pemeriksaan latar belakang yang ekstensif, kami menyelesaikan sidik jari kami dan ini merupakan keseluruhan proses."

"Jadi kami benar-benar melewati pintu kecil rahasia, menunjukkan lencana dan kartu keanggotaan kami untuk dipindai. Kami lalu berjalan tanpa perlu melalui pos pemeriksaan keamanan bandara," sambungnya.

Namun, ada beberapa pengecualian untuk aturan ini.

"Ada kalanya kita tidak bisa melakukan ini," Kat menjelaskan.

"Jadi, jika Anda melihat awak pesawat melewati bagian keamanan, terkadang kami dipilih secara acak, jadi saat kami memindai lencana kami dikatakan Anda harus melalui keamanan dan kami berjalan ke depan untuk melewati seperti semua orang lain," lanjutnya.

Terakhir, ia mengatakan, "Tapi kita bisa melewati aturan tiga ons, kita bisa memiliki lebih banyak cairan dari batas tersebut."

(lia/sumber:tribunnews.com)