Transjakarta Rute 152 dan 153 Beroperasi Lagi

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 20/Mei/2021 19:50 WIB
Ilustrasi bus Transjakarta. Foto: Istimewa. Ilustrasi bus Transjakarta. Foto: Istimewa.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pihak PT Transjakarta membuka kembali dua ruteNon Bus Rapid Transit (Non-BRT) yakni rute Taman Intan-Museum Bahari (GR4) dan rute Kota Tua Exploler (GRS).

Kedua rute ini sekaligus menjadi rute ke 152 dan 153 yang telah dioperasikan kembali di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga:
Tarif Bus TransJakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Diusulkan Rp 5.000

Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Johny Tjitrokusumo mengatakan, kedua rute ini sempat dihentikan sementara sebagai upaya menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Seiring pulihnya kegiatan masyarakat, mulai hari ini, Kamis (20/05/2021) layanan ini sudah efektif melayani masyarakat kembali," kata Johny dalam keterangan tertulis, Kamis (20/05/2021).

Baca Juga:
Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta Bakal Berhenti di Dua Lokasi

Johny menjelaskan untuk menikmati layanan ini, masyarakat diwajibkan melakukan tap in dan tap out pada mesin tap on bus (TOB) yang tersedia di dalam armada.

"Masyarakat dapat menikmati layanan ini dengan tarif Rp 0 alias gratis. Kami harap pembukaan kedua rute ini bisa membantu mobilitas masyarakat dalam kegiatan sehari harinya," ujarnya.

Baca Juga:
Masih Ada Transjakarta Dini Hari di Terminal Kalideres, Ini Jadwalnya!

Semua armada bus yang beroperasi juga dipastikan telah memenuhi standar keamanan saat pandemi seperti sterilisasi menggunakan cairan disinfektan secara berkala, terpasang tanda jarak aman baik di kursi dan di lantai bus hingga ketersediaan hand sanitizer pada setiap armada yang digunakan pelanggan.

"Jumlah pelanggan masih dibatasi yakni maksimal 50 persen dari kapasitas total. Di mana untuk bus sedang diisi maksimal 30 orang. Dengan ini pelanggan bisa merasa aman dan nyaman ketika berkegiatan bersama Transjakarta," Johny.

Sebagai tambahan, hingga saat ini total terdapat sebanyak 153 rute Transjakarta yang beroperasi pada saat pandemi.

Ke depannya, perseroan akan membuka rute-rute lainnya secara bertahap.

Adapun pembukaan rute ini menindaklanjuti masukan yang datang dari masyarakat, baik melalui call center di nomor 1500-102 maupun di media sosial resmi Transjakarta.

Transjakarta juga tetap mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak.

Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk menerapkan 3< yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (dn/sumber: Kompas.com)