Tarif Bus TransJakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Diusulkan Rp 5.000

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 21/Sep/2023 05:53 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan tarif bus TransJakarta rute Kalideres menuju Bandara Soekarno Hatta diusulkan Rp 5.000. 

Rencana penetapan tarif Transjakarta itu sudah melalui pembahasan tingkat Pemprov DKI Jakarta dan segera diusulkan ke DPRD DKI.

Baca Juga:
26 Bus Listrik Resmi Mengaspal, Diluncurkan Dishub Provinsi DKI Jakarta, TransJakarta dan DAMRI

“Suratnya sedang berproses, kita harapkan tidak terlalu lama untuk pembahasan lebih lanjut,” kata Syafrin usai upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional di Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin, 18 September 2023.

Tarif Rp 5.000 tersebut hanya untuk bus rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta. Tarif rute Transjakarta yang lain masih diberlakukan tarif normal. Pada saat ini, kata dia penumpang bus Bandara Soekarno-Hatta masih belum dikenai biaya. 

Baca Juga:
BPTJ: 9 Terminal di Jabodetabek Siap Layani Angkutan Nataru

“Tarifnya masih Rp 0 alias gratis. Itu tentu TransJakarta juga sedang melakukan proses pengurusan izin karena layanannya antar Provinsi,” tuturnya.

Syafrin mengatakan permohonan izin ditujukan kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek. “Nanti setelah terbit izinnya baru kita akan formalkan,” tuturnya.

Baca Juga:
Kendaraan Barang Dilarang Lewati 4 Jalan Tol Jakarta Ini Selama KTT ASEAN

Menurutnya penetapan angka Rp 5.000 berdasarkan usulan Dewan Transportasi Kota dari peraturan daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang transportasi kota kisaran tarif angkutan umum dan peraturan daerah Nomor 10 tahun 2014 soal tarif subsidi harus mendapatkan persetujuan DPRD.

Syafrin belum dapat memastikan apakah tarif Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta tidak bisa berubah lagi. “Tentu dari kami akan diusulkan dalam pembahasan. Kita mengikuti,” ucapnya.