BPTJ: 9 Terminal di Jabodetabek Siap Layani Angkutan Nataru

  • Oleh : Naomy

Senin, 11/Des/2023 20:26 WIB
Direktur Angkutan BPTJ Direktur Angkutan BPTJ

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menurut Direktur Angkutan Tatan Rustandi menyatakan, sembilan terminal di Jabodetabek siap melayani angkutan di libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Ada sembilan terminal di Jabodetabek yang akan mengakimodir kebutuhan angkutan di liburan Nataru ini," ungkapnya di sela Media Breafing BPTJ di Jakarta,  Senin (11/12/2023). 

Baca Juga:
BPTJ Cek Kesiapan Jelang Operasional Layanan BTS Biskita di Kota Bekasi

Kesembilan terminal itu antara lain Terminal Baranangsiang (Bogor), Terminal Jatijajar (Depok), Terminal Bekasi (Bekasi), Terminal Poris Plawad (Tengerang), Terminal Pondok Cabe (Tangerang Selatan), Terminal Kalideres (Jakarta Barat), Terminal Kampung Rambutan (Jakarta Timur), Terminal Tanjung Priok (Jakarta Utara), dan Terminal Pulogebang (Jakarta Timur).

Namun diakui Tatan, masih ada sedikitnya 74 poll bus yang masih saja menaikkan penumpang tidak dari terminal. 

Baca Juga:
Bus dengan Layanan BTS Hadir di Kota Bekasi Awal Maret

"Kami terus melakukan sosialisasi agar masyarakat yang hendak menggunakan bus, agar naik dan turun di terminal yang tersedia," ungkap dia. 

Padahal, tambah Tatan, terminal di Jabodetabek sudah nyaman dan berfasilitas lebih baik dari sebelumnya. 

Baca Juga:
Puncak Selalu jadi Favorit, Liburan Nataru BPTJ Pasang Strategi ini

Hal senada disampaikan Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta Syarifuddin yang menyampaikan bahwa seluruh terminal di Jakarta sudah sangat baik. 

"Bahkan Terminal Pulogebang terbaik di Asia Tenggara," katanya. 

Para petugas di terminal juga siaga melayani para masyarakat pengguna jasa yang hendak bepergian menggunakan bus alias angkutan umum. 

Terminal kata dia, fasilitasnya tak kalah dengan bandara yang dikenal nyaman dan bikin pengguna jasa betah berada di dalamnya. 

Tatan menambakan bahwa prediksi hasil survey Badan Transportasi (Baketrans), pemudik yang akan berangkat dari Jabodetabek cukup tinggi. 

"Jumlahnya mencapai 43,92% dari jumlah penduduk atau sebanyak 14,81 juta orang," ujarnya. 

Prediksi puncak arus mudik terjadi mulai 22, 23, dan 30 Desember 2023. Sedangkan puncak arus balik akan terjadi pada 26 Desember, 1 dan 2 Januari 2024. (omy)