China Usir Kapal Perang Amerika dari Laut China Selatan

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 20/Mei/2021 23:43 WIB


BEIJING (BeritaTrans.com) - China mengatakan kapal tempur Amerika Serikat (AS) masuk secara ilegal ke perairan Laut China Selatan (LCS). Ini adalah gesekan terbaru antarkedua negara mengenai perairan strategis yang diklaim sepihak oleh Beijing.

Dalam pernyataannya, Kamis (20/5) Komando Zona Selatan China mengatakan kapal destroyer AS Curtis Wilbur masuk tanpa izin ke perairan dekat Pulau Paracel. China mengatakan, kapal dan pesawat mereka mengikuti kapal AS tersebut.

Komando China tersebut mengatakan, Beijing menentang langkah AS tersebut. Menurut mereka, langkah AS melanggar kedaulatan dan mengganggu perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Sementara itu, media China, CGTN, melaporkan juru bicara Komando Zona Selatan Tentara Pembebas Rakyat (PLA) China Tian Junli mengatakan PLA mengusir kapal destroyer pembawa rudal Curtis Wilbur setelah kapal AS itu masuk ke wilayah China di Pulau Xisha di Laut China Selatan.

Tian menyebut AS sebagai 'pembawa masalah sebenarnya di Laut China Selatan'. Ia menambahkan, Cina akan menjaga kedaulatan, keamanan, serta perdamaian dan stabilitas di kawasan. (lia/sumber:republika.co)

Baca Juga:
Makin Tegang, Joe Biden Siap Hajar China di Laut China Selatan