BP3IP Gelar Penyuluhan Pengabdian Masyarakat di Kampung Nelayan Kuala Samboja

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 04/Jun/2021 06:18 WIB
Penyuluhan pengabdian masyarakat di UPP Kuala Samboja, Kalimantan Timur Penyuluhan pengabdian masyarakat di UPP Kuala Samboja, Kalimantan Timur


KUTAI KARTANEGARA (BeritaTrans.com) - Balai Besar Pedidikan Penyegaran Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta gelar Penyuluhan Pengabdian Masyarakat di Kampung Nelayan Kuala Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimtan Timur.

Baca Juga:
Mantap, Sembari Sosialisasi, KSOP Tg Balai Karimun Bikin Posko Pengurusan E-Pas Kecil

Kegiatan ini didukung Koordinator Wilayah Kerja UPT Kaltim, Distrik Navigasi Samarinda, KSOP Balikpapan, KSOP Samarinda, KUPP Kuala Samboja yang bersinergi dengan seluruh Muspida di Kecamatan Samboja.

"125 peserta adalah masyarakat nelayan Kuala Semboja yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) atau koperasi yang terdaftar di Kelurahan Kuala Semboja," jelas Ketua Penyelenggara P. Marcello Lopulalan, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga:
Nelayan Bersorak Gembira Saat KSOP Tg Balai Karimun Sosialisasi E-Pas Kecil: Luar Biasa!

Kegiatan terdiri pembagian Life Jacket sebanyak 125 Buah dari BP3IP Jakarta. Pembagian Life Jacket sebanyak 175 Buah dari Insan Perhubungan & Kantor UPP Kuala Samboja.

Pembagian sertifikat Diklat yang telah mengikuti kegiatan penyuluhan pengabdian masyarakat kampung nelayan Kuala Samboja.

Baca Juga:
KSOP Tg Balai Karimun Apresiasi Antusiasme Masyarakat Nelayan di Sosialisasi E-Pas Kecil

Pembagian Surat Ukur Kapal dan Pas Kecil GT. 7 kebawah. Penanaman Pohon Mangrov agar terhindar dari Abrasi Pesisir Pantai.

Direktur BP3IP Sugeng Wibowo menyampaikan secara virtual, Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk membangun rasa kebersamaan dan memotivasi para nelayan tradisional.

"Agar peduli terhadap lingkungan dan dalam melaksanan tugas-tugas pelayaran selalu mengutamakan faktor–faktor keselamatan dan prosedur pelayaran sesuai dengan amanah Undang-Undang No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran," tuturnya.

Diharapkan para nelayan tradisonal Kuala Samboja, dapat lebih memahami tentang keselamatan pelayaran pada saat melaut sehingga potensi kecelakaan di laut dapat dihindari serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, lestari dan sehat.

Kepala UPP Kuala Samboja sebagai tuan rumah Capt. Wahyu Prihanto berterimakasih atas kelancaran acara tersebut.

"Kami berharap ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, agar nelayan lebih memahami keselamatan pelayaran," ungkapnya. (omy)