Bus AKAP Indramayu - Jakarta Ramai Penumpang

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 05/Jun/2021 10:21 WIB
Bus AKAP dari Indramayu menaikkan penumpang. (Taryani) Bus AKAP dari Indramayu menaikkan penumpang. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) - Masyarakat Indramayu, Jabar sebagian masih memegang pantangan naik angkutan penumpang  pada hari Selasa dan Sabtu.

Tapi ada sejumlah  bus AKAP dari Indramayu tujuan Jakarta yang justru  pada Sabtu (5/6/2021) cukup banyak diminati penumpang.

Separuh tempat duduk di bus bus itu sudah terisi penumpang. "Kalau dari Indramayu saja separuh jok sudah terisi, biasanya sampai Jakarta penumpangnya penuh," ujar Jaya, 36.

Seperti yang terpantau di salah satu halte turunan jembatan Bangkir, cukup banyak calon penumpang yang tengah menunggu bus AKAP menuju Jakarta.

Tampak calon penumpangnya merupakan rombongan keluarga. Terdiri dari kakek, nenek, anak, menantu bahkan beberapa  cucu diajak naik bus jurusan Jakarta.

Rupanya banyak calon penumpang yang sudah  memiliki langganan bus  AKAP. Sehingga  sekalipun di depan mata tampak  berseliweran bus - bus AKAP menuju Jakarta, namun rombongan calon penumpang ini terlihat cuek.

Tapi saat datang bus AKAP tujuan Jakarta (Cilincing) calon penumpang yang semula duduk - duduk di depan teras  wateg ini  langsung berdiri. Ada yang buru - buru menggendong balita. Ada yang menenteng barang bawaan bergegas naik bus.

Semuanya terlihat buru-buru naik bus. Tak terdengar tawar menawar tarif. Karena antara penumpang dengan kondektur sepertinya sudah saling memahami soal besaran tarif.

"Kebanyakan penumpang bus dari Indramayu ke Jakarta ini sudah berlangganan dengan bus masing-masing. Sebab penumpangnya sudah sering naik turun bus Indramayu - Jakarta atau sebaliknya," ujar Jaya, 36 salah seorang warga.

Dikatakan, bus AKAP dari Indramayu ke Jakarta umumnya tidak masuk terminal Pulogebang, Jakarta. Jadi bus itu menurunkan penumpangnya di tempat-tempat tertentu. Seperti di Tangerang, Kalideres, Cilincing, Kalibaru, Tanjungpriok, Dadap dan sekitarnya. (Taryani)