KAI Operasikan KA Baturraden Ekspres Relasi Purwokerto-Bandung Mulai 25 Juni

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 12/Jun/2021 18:23 WIB
Aktivitas calon penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Foto: Inews.id. Aktivitas calon penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Foto: Inews.id.

PURWOKERTO (BeritaTrans.com) - Pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan satu perjalanan baru kereta api relasi Purwokerto-Cikampek-Bandunguntuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. KA Baturraden Ekspres ini mulai beroperasi 25 Juni 2021 mendatang.

Kepala PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Joko Widagdo mengatakan, peluncuran KA Baturraden Ekspres untuk memberikan pilihan perjalanan kereta api, khususnya dari Stasiun Purwokerto ke Bandung. Selama ini perjalanan hanya dilayani oleh KA Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen.

Baca Juga:
H+4 Lebaran, 28.000 Penumpang Kereta Api Padati Stasiun-Stasiun di Wilayah Daop 5 Purwokerto

"KA Baturraden Ekspres terdiri atas dua kelas layanan, yakni eksekutif dengan tarif Rp160.000 dan kelas bisnis dengan tarif Rp130.000," kata Joko Widagdo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (12/6/2021).

Menurut dia, perjalanan perdana KA Baturraden Ekspres akan dimulai pada Jumat (25/6/2021). Jadwal keberangkatan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 05.40 WIB.

Baca Juga:
Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Kawasan KAI Divre I Sumut Tembus 11.000 Penumpang

Dalam perjalanannya, KA Baturraden Ekspres dijadwalkan berhenti di Stasiun Bumiayu, Prupuk, Cirebon, Jatibarang, Cikampek, Purwakarta, Cimahi. KA tiba di stasiun Bandung pada pukul 12.09 WIB.

Sementara jadwal KA Baturraden Ekspres relasi Bandung-Cikampek-Purwokerto berangkat dari Stasiun Bandung pukul 16.30 WIB. KA akan berhenti di Stasiun Cimahi, Purwakarta, Cikampek, Jatibarang, Cirebon, Prupuk, Bumiayu, serta tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 22.54 WIB. Selanjutnya, perjalanan KA Baturraden Ekspres akan beroperasi kembali pada 27 Juni, 2 Juli, dan 4 Juli 2021.

Baca Juga:
KAI Luncurkan Film ``Ruang Tunggu`` di Momen Lebaran

"Kereta api ini diharapkan dapat menjadi pilihan bagi pelanggan tujuan Bandung dan sekitarnya yang selama ini dilayani KA Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen PP," kata Joko.

Joko mengatakan, sebagai upaya optimalisasi, pendapatan angkutan penumpang dengan memanfaatkan bangku kosong pada relasi tertentu, maka akan diberlakukan pula tarif khusus kepada KA Baturraden Ekspres.

Relasi tertentu tersebut di antaranya untuk perjalanan Purwokerto-Cirebon diterapkan tarif khusus sebesar Rp65.000 untuk kelas eksekutif dan Rp45.000 untuk kelas bisnis.

"Pemesanan tiket KA Baturraden Ekspres untuk keberangkatan tanggal 25 Juni 2021 sudah dapat dilayani dan dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal resmi yang bekerja sama dengan PT KAI (Persero)," katanya.

Kendati demikian, pelanggan kereta api jarak jauh masih harus melampirkan surat keterangan bebas dari Covid-19, berupa surat keterangan negatif berdasarkan tes reaksi rantai polimer (PCR) atau tes antigen. Hasil tesnya dalam kurun waktu 3x24 jam atau tes GeNose C19 yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam.

Menurut dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menyediakan fasilitas pemeriksaan antigen dan GeNose untuk membantu melengkapi syarat surat bebas dari Covid-19 tersebut.

Dalam hal ini, pemeriksaan antigen tersedia di tiga stasiun, yakni Purwokerto, Kroya dan Kutoarjo dengan harga Rp85.000. Sementara pemeriksaan GeNose C19 tersedia di Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, dan Stasiun Sidareja dengan harga Rp30.000.

Khusus di Stasiun Purwokerto, jam layanan pemeriksaan antigen dan GeNose C19 setiap harinya dimulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Dengan adanya aturan tersebut, PT KAI (Persero) senantiasa berkomitmen mendukung program pemerintah dalam upaya untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

"PT KAI menyediakan jasa layanan transportasi yang sehat, selamat, aman, dan nyaman hingga stasiun tujuan," kata Joko. (dn/sumber: Inews.id)