Dirjen Budi Tinjau Progres Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Nusa Penida dan Nusa Ceningan

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 18/Jun/2021 16:09 WIB
Dirjen Pehubungan Darat Budi Setiyadi didampingi Direktur TSDP Cucu Mulyana di Baliingi Dirjen Pehubungan Darat Budi Setiyadi didampingi Direktur TSDP Cucu Mulyana di Baliingi


BALI (BeritaTrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi didampingi Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP), Cucu Mulyana meninjau progres pembangunan Pelabuhan Penyeberangan di Nusa Penida dan Nusa Ceningan, Jumat (18/4/2021).

"Hari ini saya melakukan tinjauan terhadap dua Pelabuhan Penyeberangan yang tengah dalam proses pembangunan yaitu Pelabuhan Penyeberangan Sampalan di Nusa Penida dan Pelabuhan Penyeberangan Bias Munjul yang berada di Nusa Ceningan," tutur Dirjen Budi.

Baca Juga:
Dirjen Hendro Cek Kesiapan Pelabuhan Penyeberangan Bias Manjul dan Sampalan Bali

Dua Pelabuhan Penyeberangan ini termasuk dalam salah satu rencana strategis pembangunan Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat untuk menunjang pariwisata di Bali.

"Untuk mewujudkan transportasi yang aman, selamat, dan nyaman bagi seluruh masyarakat Indonesia, Kemenhub akan terus berupaya meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan serta kualitas pelayanan melalui pembangunan infrastruktur transportasi khususnya yang berada di Pulau Bali," urainya.

Baca Juga:
Bareng ASDP, Kemenhub Sosialisasikan Rencana Pengoperasian Lintas Jangkar-Lembar

Dirjen Budi berharap, proses pembangunan Pelabuhan Penyeberangan ini dapat terselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Dengan begitu, dapat memperlancar mobilisasi dan distribusi kebutuhan pokok, kendaraan maupun orang serta memperlancar pelaksanaan program pemerintah yang berada di wilayah Bali. 

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Hadirkan KMP Bahtera Nusantara 03 untuk Masyarakat Kepri

Dalam membangun Pelabuhan Penyeberangan ini direncanakan dalam dua tahap yaitu pada tahun 2020 s.d 2021 dengan konsep mengacu pada ketentuan dalam kontrak tahun jamak (Multi Years Contract).

Dalam tinjauan ini turut hadir Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung I Nyoman Sucitra, dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB Muiz Thohir.

"Kami optimistis pembangunan dua pelabuhan ini selesai tepat waktu," tutupnya. (omy)