Semakin Mudah, Ini Cara Membayar Pajak Motor Secara Online

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 24/Jun/2021 20:07 WIB
Pajak STNK Honda CBR250RR SP QS, bayar pajak motor, syarat bayar pajak motor, pembayaran pajak motor. Foto: Kompas.com. Pajak STNK Honda CBR250RR SP QS, bayar pajak motor, syarat bayar pajak motor, pembayaran pajak motor. Foto: Kompas.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kini membayar pajak sepeda motor semakin mudah dilakukan. Bahkan pemilik tak perlu lagi mendatangi kantor sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) setempat lagi.

Caranya, Anda mengunduh Samsat Online Nasional (Salmonas) yang dibuat oleh tim Pembina Samsat Nasional sesuai peraturan perundang-undangan Indonesia.

Baca Juga:
Upaya Tingkatkan Pendapatan dari Pajak Kendaraan, Tim Pembina Samsat Cimahi Kerjasama dengan Leasing FIF Bandung

Selain pajak tahunan, aplikasi ini juga dipakai untuk pembayaran PNBP Pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Sehingga, dengan membayar pajak motor online pemilik kendaraan bisa terhindar dari denda yang berlaku karena sulit meluangkan waktu ke kantor Samsat.

Baca Juga:
Jasa Raharja Jawa Barat Inisiasi Rapat Forum Komunikasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Polres Cimahi

Berikut prosedur cara bayar pajak motor online:

- Pemohon mendownload aplikasi Samolnas

Baca Juga:
Jasa Raharja Jawa Barat Hadiri Rapat Teknis Pengembangan Aplikasi New SSOS dan Sambara di Kantor Bapenda Jabar

- Setelah terinstal di smartphone, klik mulai dan pendaftaran

- Pemohon bisa mengisi data di kolom yang tersedia antara lain nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor terakhir rangka kendaraan, dan klik "lanjutkan"

- Sistem akan memproses data selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, sekaligus besaran pajak yang harus dibayarkan

- Muncul kode bayar yang berlaku selama 2 jam

- Pembayaran bisa dilakukan melalui bank atau channel pembayaran lainnya dengan dikenakan biaya administrasi Rp 5.000

- Pemohon akan mendapatkan e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari

- Pemohon bisa mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirimkan Samsat melalui jasa ekspedisi ke alamat pemohon sesuai dengan yang tertera di STNK.

Sebagai informasi, bayar pajak motor online lewat Samolnas hanya berlaku untuk perpanjangan STNK tahunan dengan keterlambatan pembayaran pajak tidak lebih dari setahun.

Untuk channel pembayaran, Samolnas ini sudah bekerja sama dengan sejumlah bank antaranya BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, dan ecommerce Tokopedia.

Kemudian apabila alamat wajib pajak tak sesuai dengan yang tertera di STNK, pemohon bisa melakukan konfirmasi ke call center Samsat setempat. Proses pengiriman bisa memakan waktu selama 7 hari. (dn/sumber: Kompas.com)