Peluncuran KA Nusa Tembini Ditunda, Ini Gantinya!

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 30/Jun/2021 14:13 WIB
KA dengan desain khusus lebaran Idul Fitri.(Ist) KA dengan desain khusus lebaran Idul Fitri.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menunda peluncuran KA Nusa Tembini (Cilacap - Yogyakarta pp) yang rencananya akan dilakukan pada 2 Juli 2021. Penundaan ini disebabkan karena tengah meningkatnya kasus Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia. 

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan, dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 di masyarakat, maka KAI akan meninjau kembali kapan waktu yang tepat untuk peluncuran KA Nusa Tembini tersebut. 

Baca Juga:
Komut KAI Said Aqil Apresiasi Kinerja Jajaran Keamanan KAI Selama Masa Angkutan Lebaran 2024

Joni mengatakan, penundaan ini juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat. 

"Kami memohon maaf kepada masyarakat yang telah menantikan kehadiran KA Nusa Tembini ini. Kami akan segera mengumumkannya kembali ke masyarakat terkait peluncuran KA Nusa Tembini jika kondisi sudah mulai membaik," ujar Joni melalui keterangan tertulisnya, Rabu (30/6/2021). 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Bagi masyarakat yang telah membeli tiket KA Nusa Tembini, bea tiket akan dikembalikan 100%. Proses pembatalan dapat dilakukan sampai dengan H+30 dari tanggal yang tertera pada tiket di seluruh stasiun yang melayani penjualan tiket, baik KA Jarak Jauh maupun KA Lokal. 

"Masyarakat yang telah membeli tiket tersebut juga akan dihubungi oleh Contact Center 121 terkait proses pembatalan tiketnya," ujar Joni. 

Baca Juga:
KAI Daop 5 Purwokerto Maksimalkan Pelayanan Customer Service Mobile untuk Penumpang Mudik Belakangan

Untuk sementara waktu, masyarakat yang ingin bepergian pada rute Cilacap - Yogyakarta pp masih dapat menggunakan KA Wijayakusuma yang memiliki rute Cilacap - Ketapang pp.(fhm)