Lion Air Group Fasilitasi Gratis Vaksin Bagi Penumpang Rute Dari dan Ke Bandara Soekarno-Hatta

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 03/Jul/2021 08:31 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

 
JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mulai hari Sabtu (3/7/2021) ini, maskapai Lion Air, Wings Air dan Batik Air menyediakan layanan vaksin secara gratis bagi setiap penumpang Lion Air Group tersebut. 

Adapun penumpang yang akan mendapatkan layanan gratis tersebut untuk keberangkatan dari dan tujuan kedatangan Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Baca Juga:
Pesawat Boeing 787 LATAM Airlines Terjun Bebas, Penumpang Terlempar dari Kursi hingga 50 Terluka

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan pelaksanaan ada di area Kedatangan Terminal 2 D-E, pada 08.00 - 17.00 WIB. 

"Sebagai bagian kampanye terbang itu aman, sehat dan menyenangkan. Sejalan mendukung percepatan vaksinasi guna pemulihan perekonomian," ujar Danang dalam keterangan resminya, Sabtu (3/7/2021) 

Baca Juga:
Maskapai Lion Air, Batik Air dan Super Air Jet Kerja Sama dengan Airbus untuk Tingkatkan Layanan

Fasilitas gratis vaksin dilaksanakan melalui proses tahap pemantauan, pemeriksaan kesehatan oleh tenaga medis, sebagai berikut: 

1. Penumpang Lion Air Group dengan menunjukkan tiket atau dokumen yang berisi informasi untuk masuk/ naik ke pesawat udara (boarding pass) yang masih berlaku. 

Baca Juga:
Lion Air Group Tawarkan Opsi Umrah dan Wisata, Terbang Langsung dan Transit di Kuala Lumpur

2. Penumpang dengan keberangkatan awal (origin) dari Bandara Soekarno-Hatta. 

3. Penumpang dengan tujuan akhir (destination) Bandara Soekarno-Hatta. 

4. Membawa dan menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin dosis pertama, apabila bagi penumpang  yang akan melakukan vaksinasi dosis kedua. 

5. Usia minimum 12 tahun. 

6. Anak-anak usia tersebut harus didampingi orang tua atau pendamping dewasa. 

7. Membawa kartu identitas valid dan resmi, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan Kartu Keluarga (KK) untuk anak yang belum memiliki KTP. 

8. Tetap menjalankan, memenuhi, mematuhi protokol kesehatan, menerapkan pola hidup sehat sebelum, saat dan setelah proses vaksinasi. 

9. Disarankan: menggunakan pakaian longgar dan mudah digulung, karena tindakan penyuntikan vaksin akan dilakukan di bagian lengan. 

10. Bagi penumpang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu disarankan lebih dahulu konsultasi kepada dokter serta disarankan menerima vaksin setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter 

"Demi kelancaran dan kenyamanan proses vaksin, setiap penumpang diharapkan datang empat jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan," ujar Danang. 

Penyelenggaraan “gratis” vaksin dilakukan oleh Lion Air Group dalam upaya sebagai bagian kampanye “Terbang itu Aman, Sehat  dan Menyenangkan” – “Saya Sehat, Saya Siap Terbang”, seluruh operasional penerbangan Lion Air Group dijalankan dengan mengedepankan faktor-faktor yang memenuhi unsur keselamatan, keamanan, kenyamanan (safety first) serta berpedoman protokol kesehatan. 

Sebagaimana ketentuan persyaratan perjalanan udara, para penumpang yang akan melakukan penerbangan wajib menjalani pemeriksaan uji kesehatan di instansi kesehatan dan telah ditandatangani oleh medis. Dalam hal ini, Lion Air tidak melakukan uji kesehatan kepada setiap penumpang.
 
Penyediaan “gratis” vaksin oleh Lion Air Group ini dilaksanakan sejalan mendukung percepatan program vaksinasi - dukungan penuh terhadap percepatan bagian dari program satu juta vaksin per hari, mempercepat pembentukan kekebalan tubuh secara komunal atau herd immunity serta pengendalian dan penanganan laju angka risiko Covid-19. 

Hal tersebut guna mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.  Harapan utama, dengan semakin banyaknya jumlah penerima vaksin, khususnya dalam hal ini di sektor moda transportasi udara, perekonomian dapat segera pulih (membaik dan menunjukkan tren positif) secara bertahap.(fahmi)