Sang Adik Rachmawati Wafat, Megawati Sampaikan Duka Cita Mendalam, Prabowo Bakal Melayat Setelah Pulang dari Luar Negeri

  • Oleh : Dirham

Sabtu, 03/Jul/2021 15:44 WIB
Foto kengan Rachmawati dan Prabowo. Foto kengan Rachmawati dan Prabowo.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri beserta keluarga besarnya mengucapkan duka cita mendalam atas wafatnya Rachmawati Soekarnoputri.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Rachmawati adalah adik Megawati yang tumbuh besar bersama di Istana Negara. Mereka juga berjuang meneladani perjuangan Bung Karno.

"Ibu Megawati Soekarnoputri sangat berduka. Ibu Rachmawati adalah adik beliau yang tumbuh dan sama-sama besar di Istana Negara, belajar menari bersama, dan juga berjuang guna meneladani keseluruhan pemikiran dan perjuangan Bung Karno, Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia. Semoga husnul khatimah," kata Hasto, Sabtu (3/7).

Di tengah kesedihan, Hasto menuturkan Megawati berkomunikasi dengan putra Rachmawati yakni Rommy Soekarnoputro untuk menyampaikan duka cita secara langsung.

"Ibu Megawati langsung berkomunikasi dengan putra tertua almarhumah, Rommy Soekarnoputro, mengucapkan duka cita secara langsung, memberikan doa terbaik baik Ibu Rachmawati Soekarnoputri agar dilancarkan jalannya, diampuni dosa-dosanya, dan kepada keluarga yang ditinggal mendapatkan kekuatan," kata dia

"PDI Perjuangan mengucapkan duka cita yang mendalam. Kami mendoakan Ibu Rachmawati dan partai memberikan penghormatan terbaik bagi Almarhumah," lanjut Hasto.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan seluruh protokol kesehatan dalam proses pemakaman Rachmawati harus diikuti sebaik mungkin. "Seluruh ketentuan protokol kesehatan berkaitan dengan pemakaman almarhumah Ibu Rachmawati Soekarnoputri akan diikuti dengan sebaik-baiknya," tandas Hasto.

Rachmawati Soekarnoputri meninggal di RSPAD Gatot Soebroto pukul 06.15 WIB hari ini. Ia meninggal karena COVID-19.

Putri proklamator Sukarno ini lahir di Jakarta pada 27 September 1950 dengan nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri.

Semasa hidup, Rachmawati dikenal sebagai sosok yang kerap memperhatikan masalah bangsa. Ia juga merupakan pendiri dan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno, dan juga pendiri Partai Pelopor.

Prabowo Bakal Melayat

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri telah berpulang di RSPAD Gatot Subroto, Sabtu (3/7).

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan saat ini, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih berada di luar negeri karena tugasnya sebagai Menteri Pertahanan. Namun, Muzani menegaskan Prabowo akan segera melayat ke kediaman almarhumah selepas tiba di Tanah Air.

"Saat ini Pak Prabowo masih berada di luar negeri dalam rangka kunjungan kerja beliau sebagai Menteri Pertahanan. Sehabis pulang dari luar negeri, beliau akan segera melayat ke kediaman almarhumah," ujar Muzani, kepada wartawan, Sabtu (3/7/2021).

Muzani sendiri mengaku berduka cita mendengar kabar kepergian Rachmawati Soekarnoputri di usia 70 tahun.

Dia mengatakan Rachmawati adalah sosok yang sangat konsisten dalam memperjuangkan cita-cita bangsa Indonesia yang selama ini digelorakan oleh Bung Karno.

"Selama ini beliau juga selalu aktif menyuarakan agar Partai Gerindra senantiasa mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur," jelas Muzani.

"Beliau juga tidak lupa mengingatkan agar setiap perjuangan politik yang dilakukan Partai Gerindra itu semata-mata demi kesejahteraan rakyat yang berdasarkan Pancasila sebagai landasan negara," imbuhnya.

Tak hanya itu, Muzani menyebut almarhumah adalah orang yang teguh dalam pendiriannya dan terus menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan NKRI.

Menurutnya, itulah yang selalu almarhumah sampaikan di setiap diskusi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Dia senantiasa mengingatkan kepada Pak Prabowo agar perjuangan kita tidak boleh bergeser dari apa yang diperjuangkan oleh Bung Karno dan pahlawan kemerdekaan lainnya," tegasnya.

Lebih lanjut, Muzani mengatakan keluarga besar Partai Gerindra tidak akan lupa dengan pemikiran-pemikiran Rachmawati yang selama ini beliau perjuangkan di partai ini.

"Pemikiran beliau yang sejalan dengan perjuangan Bung Karno itu akan terus kami perjuangkan di Partai Gerindra, yakni terciptanya masyarakat pancasilais, masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur, serta terciptanya persatuan dan kesatuan Indonesia yang berdikari," tandasnya. (ds/sumber Kumparan.com/Tribunnews.com)