Wow! PO Pandawa87 Merambah Trayek Bus AKAP

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 25/Jul/2021 19:48 WIB
Bus sleeper Pandawa87. Foto: Kumparan.com. Bus sleeper Pandawa87. Foto: Kumparan.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perusahaan Otobus (PO) Pandawa87 terkenal akan bus pariwisata yang memiliki ragam fasilsitas penunjang kenyamanan penumpangnya. Kini perusahaan tersebut merambah ke bus antarkota antarpropinsi (AKAP).

Awalnya bus AKAP Pandawa87 beroperasi pada 10 Juli lalu. Namun terkendala kebijakan pembatasan mobilitas oleh pemerintah, operasionalnya terpaksa ditunda, dan rencananya 25 Juli ini divisi bus AKAP Pandawa87 mulai mengaspal.

Baca Juga:
Penumpang dari Berbagai Daerah Akhiri Perjalanan di Terminal Bekasi

Dalam keterangan resminya PO Pandawa87 juga melayani penumpang yang turun di Cirebon, Semarang dan beberapa kota lainnya di Jawa Tengah atau Jawa Timur, sehingga berlaku tiket kawasan. Baik bus rute Jakarta-Banyuwangi atau Jakarta-Surabaya.

Titik keberangkatan dari Jakarta meliputi terminal Kalideres, Pondok Pinang, Pulo Gebang, Bekasi, dan Karawang. Kemudian transit reguler di exit tol Semarang-Sragen dan exit tol Ngawi-Jombang. Jadi rutenya full melintasi tol Trans Jawa.

Baca Juga:
Penumpang Bus Ramai Terus di Terminal Bekasi, Berangkat ke Berbagai Provinsi

Armada bus yang akan bertugas pada kelas Eksekutif menggunakan seri Jetbus 3+ SHD. Fasilitasnya berupa 30 jok, toilet, serta ruangan merokok terpisah yang dibangun di atas sasis Mercedes-Benz O500RS 1836.

Adapun Super Executive menggunakan tipe bodi serupa, namun menggunakan sasis premium dan mesin Mercedes-Benz O500RF 2542 yang sudah menggunakan suspensi udara dan dilengkapi fitur keselamatan ABS, EBS, ASR, dan ESP.

Baca Juga:
Melihat Terminal Bus Purabaya, Tersibuk di Indonesia dan Asia Tenggara, Sehari Layani 28.000 Penumpang

Sedangkan Suite Class atau Sleeper Bus tetap ikut pakai bodi Jetbus 3+ SHD terbaru. Sasisnya pakai Mercedes-Benz OH1626, yang terkenal sebagai space frame dan termasuk andalan banyak PO.

"Bepergian jarak jauh pakai bus ini nyaman, tidak pegal, posisi duduknya bisa rebah, jadi penumpang bisa duduk sambil menonton dan menikmati pemandangan karena kaca yang lebar," terang Suwanto, perwakilan PO Pandawa87 kepada wartawan. (dn/sumber: Kumparan.com)