Pengembangan Terminal Baru Bandara Sam Ratulangi 92%, Padukan Konsep Tradisional dan Modern

  • Oleh : Naomy

Minggu, 01/Agu/2021 14:34 WIB
Bandara Samratulangi, Manado Bandara Samratulangi, Manado

 


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pengembangan  Bandara Sam Ratulangi Manado kelolaan PT Angkasa Pura I makin mendekati rampung. 

Baca Juga:
InJourney Airport Klaim Sangat Siap Hadapi Angleb 2024

Hingga 22 Juli 2021 lalu, progress perluasan terminal penumpang dan fasilitas penunjang Bandara Sam Ratulangi Manado yang memadukan konsep tradisional dan modern mencapai 92 persen. 

"Pengembangan Bandara Sam Ratulangi untuk mendukung pariwisata Sulawesi Utara, khususnya Likupang sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas. Walaupun saat ini kondisi industri pariwisata cukup terpukul dengan adanya pandemi Covid-19 yang menyebar luas di hampir seluruh penjuru dunia dan menurunkan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan, namun dalam jangka panjang potensi pertumbuhan industri pariwisata cukup tinggi," beber Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi di Jakarta, Ahad (1/8/2021).

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

Desain terminal Bandara Sam Ratulangi penuh sentuhan tradisional berupa motif batik Tarawesan Pareday, yang tercipta dalam bentuk geometris menyerupai sebuah perulangan garis sebagai representasi sebuah simbol gelombang kehidupan manusia yang hadir dari dua arah, yaitu arah atas dan bawah. 

Sisi modernnya, akan tampak pada fasilitas-fasilitas terminal yang berstandar internasional.

Baca Juga:
Sepanjang Februari, AP1 Layani 5 Juta Penumpang

"Pengembangan bandara ini memperluas terminal penumpang menjadi 57.296 meter persegi dari 26.481 meter persegi. Perluasan terminal ini membuat Bandara Sam Ratulangi mampu menampung hingga 5,7 juta penumpang per tahun dibanding sebelumnya yang hanya 2,6 juta per tahun," ungkapnya.

Pada tahun 2019, Bandara Sam Ratulangi telah melayani 2,2 juta penumpang, dengan 22,7 ribu pergerakan pesawat, serta 13.601.241 kg kargo. 

Sedangkan pada 2020, trafik penumpang Bandara Manado sebanyak 938.705 penumpang, trafik pesawat sebesar 12.435 pesawat, dan trafik kargo sebesar 15.250.319 kg.

Bandara Sam Ratulangi juga dilengkapi dengan fasilitas modern mulai dari penambahan fix bridge yang semula tiga unit menjadi lima unit. Konter check-in dari 30 unit menjadi 45 unit. 

Area parkir yang semula dapat menampung 350 kendaraan roda empat nantinya dapat menampung hingga 650 kendaraan. Untuk roda dua yang semula dapat menampung 734 unit menjadi 760 unit. 

Bandara Sam Ratulangi merupakan gerbang internasional di bagian utara Indonesia. Sebelum pandemi merebak, banyak penerbangan internasional dari dan menuju beberapa kota di China, seperti Guiyang, Hangzhou, Shanghai, Shenzen, Makau, Chengdu, Chonhqing, dan lainnya. 

"Berdasarkan data Kantor Imigrasi TPI I Manado, sepanjang tahun 2019  tercatat sebanyak 116.144 turis Cina masuk ke Sulawesi Utara melalui Bandara Sam Ratulangi Manado atau meningkat 8,5% dibandingkan tahun 2018," imbuh dia.

Bandara Sam Ratulangi Manado adalah salah satu dari empat bandara yang ditargetkan selesai pengembangannya pada tahun 2021 ini. 

Tiga bandara lainnya kata Faik, di antaranya yaitu Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, Bandara Lombok Praya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. (omy)