Semiloka Angkutan Jalan, Ajak Operator Tingkatkan Keselamatan

  • Oleh : Naomy

Kamis, 12/Agu/2021 10:45 WIB
Kasubdit Angkutan Orang Ditjen Hubdat Kemenhub Handa Lesmana Kasubdit Angkutan Orang Ditjen Hubdat Kemenhub Handa Lesmana


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktorat Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan gelar Semiloka.

Semiloka ini mengangkat tema "Peningkatan Keselamatan Angkutan Orang menggunakan Metode Safety Driving Bagi Pengemudi Angkutan Jalan" secara virtual, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga:
Hasil Investigasi KNKT: Kecelakaan Bus di Mojokerto, Sopir Cadangan Diduga Tidur Pulas Saat Mengemudi

Kasubdit Angkutan Orang Handa Lesmana mewakili Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani menyampaikan, peningkatan keselamatan angkutan penting untuk kenyamanan pengguna jasa.

"Operator wajib berkotribusi untuk layanan yang berkeselamatan, aman, dan andal," tutur Handa.

Baca Juga:
KNKT Sebut Faktor Manusia Dominan jadi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Kata dia, dengan peningkatan keselamatan, maka memberikan jaminan bagi pengguna jasa angkutan umum agar tidak terjadi kecelakaan.

"Pengemudi juga harus berkompetensi dan berorientasi pada berkeselamatan, mengingat masih banyak human faktor yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas jalan," ungkapnya.

Baca Juga:
90 Persen Kecelakaan Bus dan Truk di Turunan, Ini Penjelasannya!

Dalam semiloka menghadirkan kapasitas peserta 500 orang dengan narasumber utama dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan selaku investigator Transportasi Darat.

Pembicara lainnya Adrianto Sugiarto Wiyono dari PT Devensive Drifing  Center dan Aris Sugiarto dari PT Daimler Commercial Vehicless Indonesia. (omy)