KNKT Ingatkan Operator Angkutan Jalan Pentingnya Pengemudi Memahami Kendaraan dengan Baik

  • Oleh : Naomy

Kamis, 12/Agu/2021 11:56 WIB
Investigator KNKT Ahmad Wildan Investigator KNKT Ahmad Wildan


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengingatkan operator angkutan jalan tentang pentingnya memahami kendaraan dengan baik.

"Pengemudi harus membaca manual instruksi perlengkapan pada bus, apalagi yang baru dikemudikan," ujar Investigator Transportasi Darat KNKT Ahmad Wildan dalam Semiloka "Peningkatan Keselamatan Angkutan Orang menggunakan Metode Safety Driving Bagi Pengemudi Angkutan Jalan" secara virtual, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga:
Subsidi Angkutan Barang Perintis Naik 46%, Langkah Serius Pemerintah Dukung Ekonomi di Wilayah 3TP

Mengapa demikian? Menurutnya hal itu lantaran setiap kendaraan memiliki karakter yang berbeda-beda bahkan meski satu merek sekalipun.

Untuknya, hal ini harus menjadi perhatian dan pemahaman pengemudi, guna mencegah kecelakaan di jalan raya.

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Moda Bus dari 9 Terminal

Dia berharap peserta Semiloka menyimak dengan seksama paparan yang disampaikan, agar dapat menjadi perhatian dan dapat diterapkan hal-hal terkait keselamatan dalam angkutan jalan.

Wildan juga mengungkapkan, jalan menurun dan menanjak perlu konsentrasi yang penuh.

Baca Juga:
KNKT: Penyebab Kecelakaan di Tol KM 58, Pengemudi Travel Tidak Resmi Bekerja Over Time

"Pengenalan jalan juga tidak kalah penting, karena ada juga musibah terjadi karena belum kenal kondisi jalan," kata dia.

Sebelum memulai perjalanan juga, diingatkan agar tidak lalai memeriksa kondisi kendaraan, mulai dari rem, klakson, dan hal penting lainnya.

"Keselamatan transportasi penting da tak bisa ditawar untuk memberikan jaminan pengguna jasa nyaman dan aman selamat," tutur Wildan. (omy)