Cakep, Bus Double Decker Parkir di Depan Rumah Makan Jadi Perhatian Warga

  • Oleh : Taryani

Minggu, 22/Agu/2021 21:18 WIB
Salah satu bus double decker P.O Karina tampak  baru keluar dari halaman RM Singgalang Jaya di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Indramayu, Minggu (22/08/2021) siang. (Taryani) Salah satu bus double decker P.O Karina tampak baru keluar dari halaman RM Singgalang Jaya di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Indramayu, Minggu (22/08/2021) siang. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Warga Indramayu  yang ingin menyaksikan model bus double decker atau bus tingkat dua  harus pergi ke salah satu rumah makan.

Misalnya RM Singgalang Jaya di Desa Cikawung, Terisi, Indramayu, Jabar yang berjarak  sekitar 55 Km dari Kota Indramayu. Di rumah makan ini cukup banyak bus double decker diparkir,  karena awak bus maupun penumpangnya beristirahat.

Di jalan Pantura Indramayu sekarang ini jarang dilalui bus double decker. Jadinya banyak warga Indramayu yang  belum pernah menyaksikan bus double decker ini.

“Padahal bus tingkat dua ini kelihatannya cakep, mewah, gagah, dan larinya kencang tentunya. Wajar saat diparkir jadi perhatian masyarakat,” ujar Armin, 48.

Dikatakan, jangankan bus tingkat dua atau double decker. Bus roda sepuluh saja belum pernah dilihat secara langsung,  karena bus itu jarang melintasi jalan Pantura.

Diakui, sebelum jalan tol Cipali beroperasi, setiap saat bisa melihat perkembangan berbagai jenis kendaraan model terbaru. Karena kendaraan terbaru itu melintasi jalan Pantura

Tapi sekarang ini setelah jalan tol Cipali beroperasi,  banyak kendaraan baru yang jarang lewat Pantura. Oleh sebab itu kata Armin, dirinya seperti tertinggal  informasi. Contohnya,  sudah ada  bus 10 ban dan bus double decker yang secara fisik belum pernah dilihat.

“Kapan-kapan ada rencana ke Desa Cikawung, ingin  melihat bus double decker diparkir,” ujarnya.

Cukup banyak perusahaan otobus (P.O) yang telah memiliki bus double decker saat ini. Misalnya  P.O Karina, P.O Gunung Harta dan lain sebagainya.

Bus double decker ini  ada yang menggunakan chasis Volvo B11R. Bus tingkat dua itu juga  banyak yang  berkaroseri Adiputro. Mengusung model Jetbus 3 SDD.  

Volvo B11R merupakan chasis flagship dari Volvo Indonesia.

Mesin berkapasitas 11.000 cc dengan power mencapai 430 dk (tenaga kuda). Torsi maksimal  2.000 Nm  diteruskan ke roda via transmisi canggih i-Shift AMT 12 percepatan yang sudah dilengkapi mode triptonic.

Mode triptonic ini memungkinkan pengemudi bus bisa menjalankan dua mode yakni mode manual dan mode automatic. (Taryani)