Penumpang Batik Air Banda Aceh-Jakarta Dapat Kompensasi dan Diberangkatkan lagi ke Soekarno-Hatta

  • Oleh : Fahmi

Senin, 30/Agu/2021 14:19 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

MEDAN (BeritaTrans.com) - Batik Air rute Banda Aceh melalui tujuan Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta yang melakukan pengalihan pendaratan (divert) di Bandara Internasional Kualanamu. Pihak Lion Air Group menyatakan, telah pengamanan penumpang dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP). 

"Pesawat udara (29/8/2021) mendarat normal (bukan pendaratan darurat) di Bandar Udara Internasional Kualanamu pukul 11.49 WIB," kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro pada keterangannya, Senin (30/8/2021). 

Baca Juga:
Pesawat Boeing 787 LATAM Airlines Terjun Bebas, Penumpang Terlempar dari Kursi hingga 50 Terluka

Dikatakan Danang, Batik Air telah menyampaikan informasi sesuai perkembangan dan sudah memberikan pelayanan kompensasi keterlambatan keberangkatan (delay management) berdasarkan ketentuan berlaku, berupa makanan ringan (snacks), air mineral, makanan berat (meals). 

“Keputusan pengalihan pendaratan di bandar udara alternatif: Kualanamu adalah normal (bukan mendarat darurat) yang sudah sijalankan sesuai standar operasional prosedur dalam mengutamakan aspek keselamatan penerbangan," kata Danang. 

Baca Juga:
Pesawat Lion Air Surabaya-Jeddah Berputar-putar di Langit Binjai, Ternyata ini Penyebabnya

Dijelaskan, Batik Air telah memberangkatkan kembali para tamu di hari yang sama pada Sabtu (29/8/2021) menggunakan dua pesawat pengganti yang sudah dinyatakan laik terbang. 

Penerbangan dari Bandara Kualanamu tujuan Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca Juga:
Batik Air Resmi Layani Penerbangan Rute Surabaya - Pangkalan Bun

1. Penerbangan pertama dengan pesawat Boeing 737-900ER berangkat pukul 16.00 WIB dan sudah mendarat pada 18.00 WIB. 

2. Penerbangan kedua dengan pessawat Boeing 737-900ER berangkap pukul 16.39 WIB dan sudah mendarat pada 18.39 WIB. 

"Batik Air juga mengakomodir pilihan (opsi) sesuai permintaan tamu penerbangan ID-6897, antara lain: perubahan jadwal keberangkatan (reschedule), pengembalian dana dari tiket (refund)," sebut Danang. 

Batik Air meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Batik Air lainnya tidak terganggu. 

"Batik Air senantiasa patuh menjalankan operasional dan layanan penerbangan berdasarkan ketentuan atau peraturan yang berlaku dengan tetap memperhatikan faktor-faktor yang memenuhi aspek keselamatan keamanan serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan," pungkas Danang.(fahmi)