Samudera Indonesia Tancap Gas! Pesan Kapal Baru, Merambah Logistik Perikanan & Merintis Start-Up Big Data Logistik

  • Oleh : Redaksi

Senin, 30/Agu/2021 21:59 WIB
PT Samudera Indonesia Tbk (foto:istimewa/kontan.co.id) PT Samudera Indonesia Tbk (foto:istimewa/kontan.co.id)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT2021 Samudera Indonesia Tbk (SMDR) berhasil membukukan pertumbuhan kinerja yang pesat sepanjang tahun 2021. Pendapatan SMDR hingga akhir Juli 2021 meningkat 14% dibanding tahun sebelumnya menjadi US$ 325,5 juta sedangkan laba usaha meningkat 247% menjadi US$ 55 juta. Laba bersih meningkat 602% menjadi US$ 32,9 juta, Senin (30/8/2021). 

Peningkatan kegiatan ekspor impor seiring dengan pemulihan ekonomi yang terjadi, melahirkan tantangan sekaligus peluang baru bagi perusahaan pelayaran untuk meningkatkan kapasitas angkutnya dan berjuang mengurai kongesti logistik yang terjadi di berbagai lokasi.

Baca Juga:
Kemenhub Kukuhkan 30 Ahli Ukur Kapal

Memanfaatkan momentum positif tersebut, SMDR bergerak cepat mengejar pertumbuhan bisnis dengan melakukan penambahan kapasitas dan armada kapal demi menjawab peningkatan permintaan di industri pelayaran.

Di bidang pelayaran peti kemas, di bulan Mei yang lalu SMDR telah menandatangani pemesanan 2 unit kapal peti kemas baru berkapasitas 1,900 TEUs dan saat ini sedang dalam proses pemesanan 4 unit kapal peti kemas berikutnya. Di bidang pelayaran curah kering, SMDR telah merampungkan transaksi pembelian 1 unit kapal post panamax bulk carrier yang akan diterima dan dioperasikan mulai September 2021.

Baca Juga:
Kapal yang Ingatkan Titanic Tentang Gunung Es Ditemukan Setelah 104 Tahun

Sedangkan di bidang pelayaran curah cair, SMDR sedang dalam proses menambah armada chemical tanker dan juga sedang mengikuti tender pengadaan kapal LPG tanker dengan kontrak jangka panjang.

Selain itu, SMDR juga sedang mengkaji potensi usaha dipasar logistik perikanan dan hasil laut Indonesia. Unit usaha ini akan melakukan berbagai terobosan solusi logistik, termasuk pembangunan kapal ikan dan cold storage demi menjawab tantangan rantai pasok yang dibutuhkan oleh industri perikanan.

Baca Juga:
Tarif Penyeberangan Kapal Pelabuhan Bakauheni-Merak Naik Mulai 1 Oktober, Ini Besarannya

"Industri perikanan dan hasil laut memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar & memiliki kontribusi penting terhadap perekonomian Indonesia. Kami ingin aktif menciptakan percepatan solusi logistik perikanan agar Indonesia semakin merasakan manfaat hasil budi daya lautnya yang sustainable,” ungkap Bani Maulana Mulia, Direktur Utama SMDR.

SMDR juga terus mengembangkan inovasi industri pelayaran dan logistik berbasis teknologi, salah satunya dengan pendirian Samudera Data Analytics & Prediction (SEDAP). SEDAP adalah unit usaha rintisan, berisikan talenta muda, ahli IT dan data analyst yang fokus mencari inovasi solusi teknologi untuk industri pelayaran dan logistik.

Dengan akses langsung kepada real data yang dimiliki oleh Samudera Indonesia selama puluhan tahun di industri, SEDAP akan bergerak cepat menghasilkan berbagai inovasi dan solusi berbasis data, artificial intelligence (AI), dan machine learning untuk masa depan logistik yang semakin cepat.

“Kami percaya data adalah masa depan. Kekayaan data logistik Indonesia mengandung harta karun yang akan membawa manfaat bagi daya saing dan kemajuan Indonesia. Kami yakin investasi SDM & teknologi akan menghasilkan masa depan konektivitas Indonesia yang tangguh,” tambah Bani.(amt/sumber:kontan.co.id)