Jelang Harhubnas, 100 Warga Ramaikan Padat Karya di SROP Gresik

  • Oleh : Naomy

Selasa, 14/Sep/2021 16:51 WIB
Padat Karya di Gresik Padat Karya di Gresik

 

GRESIK (BeritaTrans.com) - Jelang Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2021, Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Kelas I Surabaya kembali melaksanakan program padat karya tahap II pada tahun 2021 ini.

Baca Juga:
OP Tanjung Priok Bahas Akselerasi Penerapan Pengelolaan Limbah B3 di Pelabuhan

Kegiatan ini diikuti 100 warga sekitar selama dua hari (14 - 15 September 2021) di sekitar lingkungan Stasiun Radio Pantai (SROP) Gresik.

Ruang lingkup pekerjaan program padat karya ini antara lain perbaikan sarana dan prasarana di sekitar lingkungan SROP Gresik, dengan melakukan pengecatan, perbaikan paving serta pembersihan sampah dan rumput liar.

Baca Juga:
Rakernas IPCN 2023, Ajak Tingkatkan Kolaborasi Demi Pertumbuhan Ekonomi Lebih Baik

Kepala Distrik Navigasi Surabaya, Imam Hambali membuka kegiatan, ditandai penyerahan peralatan kerja secara simbolis kepada perwakilan warga Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

"Di tengah pandemi covid - 19 sekarang ini, kegiatan padat karya sangat penting dilaksanakan karena dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 agar daya beli masyarakat tetap terjaga.

Baca Juga:
Menjelang Libur Tahun Baru, Sahli LMK Monitoring Simpul Transportasi di Surabaya

Imam menambahkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengurangi pengangguran, membantu masyarakat miskin, memupuk rasa kebersamaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat, sehingga proses pemulihan ekonomi bisa lebih cepat.
 
"Setiap pelaksanaan kegiatan padat karya yang dilaksanakan Disnav Kelas I Surabaya selalu mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir," tuturnya.

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan ini tetap mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 70 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya dilingkungan Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi mengatakan, untuk para pekerja dimohon agar semangat, serius dan tuntas dalam melaksanakan pekerjaan pada kegiatan padat karya kali ini.

"Jangan lupa kita juga selalu berdoa dan tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penularan virus Covid - 19," ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Anggota Komite II DPD RI, Kepala Kantor KSOP Gresik, Camat Kebomas, Kepala Desa Kedanyang dan Kepala Puskesmas Kebomas serta perwakilan dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak dan Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Perak Surabaya.

Sebagai informasi, Kegiatan Padat karya di wilayah Gresik selanjutnya akan dilaksanakan oleh 16 - 17 September 2021 yang bertempat di sekitar lingkungan Kantor KSOP Gresik. (omy)