Dua Hari Rapid Test Antigen Harhubnas di Terminal Bekasi, Nol Peserta Positif

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 15/Sep/2021 17:31 WIB
Penumpang bus di melakukan pemeriksaan tes Covid-19 di Terminal Bekasi dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional 2021 yang diselanggarakan Dishub Bekasi pada 14-15 September 2021. Penumpang bus di melakukan pemeriksaan tes Covid-19 di Terminal Bekasi dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional 2021 yang diselanggarakan Dishub Bekasi pada 14-15 September 2021.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Sebanyak sekitar 500 orang yang dilakukan swab tes antigen di Terminal Bekasi selama dua hari pada 14-15 September 2021, belum ada yang dinyatakan positif hingga di hari terakhir. 

"Alhamudulillah negatif semua, belum ada yang positif. Sudah berjalan (hingga Rabu pagi) 200 sample belum ada yang positif," kata Kepala Puskesmas Harapan Mulia, Dr Arie Rahayu selaku petugas medis tes Covid-19 di Terminal Bekasi. 

Baca Juga:
Bus Sumatera Berlomba Jaring Penumpang di Terminal Bekasi

Pada pelaksaan pemeriksaan Covid-19 di Terminal Bekasi, ada sebanyak 500 sample tes antigen dan 15 untuk PCR. Rencananya dijelaskan oleh Arie Rahayu ada penambahan hingga 40 sample lagi. 

Hingga siang ini pada hari terakhir pelaksanaan sudah dilakukan kepada 200 orang lebih. Hingga tinggal beberapa sample tes lagi dan belum ada yang dinyatakan positif antigen ataupun PCR. 

Baca Juga:
Bus Sumatera Tetap Setia Menanti Penumpang di Terminal Bekasi

Pelaksaan pemeriksaan Covid-19 ini menyasar ke masyaralat atau pelaku transportasi yang ada di Terminal Bekasi. Sejumlah penumpang bus dengan berbagai tujuan diminta oleh petugas untuk melakukan pemeriksaan. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id sejumlah pengemudi angkutan kota atau koasi dan bus antarkota antarpropinsi (AKAP) dilakukan pemeriksaan. 

Baca Juga:
Beri Rasa Nyaman Bagi Penumpang, Petugas Kebersihan Sigap Angkut Sampah Berserakan di Terminal Bekasi

Kegiatan itu juga disambut baik oleh masyarakat dan penumpang bus. Sejumlah penumpang bus mengungkapkan bahwa rapit ini sangat membantu untuk sebagai syarat perjalanan di tengah pandemi. 

"Ya lumayan gratis ni, nanti kalau di penyeberangan (Merak) butuh ini(hasil tes) lagi, kalau di sana katanya bayar," ungkap Anto. 

Peserta lain juga tampak tampak antusias mendaftarkan diri untuk dilakukan pemeriksaan melalui hidung tersebut.

Pemeriksaan antigen dan PCR secara gratis ini dilaksanakan dalam rangka Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang ke-74 oleh Dinas Perhubungan Kota Bekasi bersama pihak Terminal Bekasi dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Jawa Barat. 

Pelaksanaan kegiatan juga bertujuan untuk memutus mata rantai Covid-19 yang sampai saat ini masih merebak. 

Dalam pelaksanaan rapid test antigen ini menyasar masyarakat yang beraktivitas di terminal dan juga penumpang bus serta para awak bus hingga pengurus di Terminal Bekasi. 

Pada pelaksanaan, setiap peserta diarakan oleh petugas dari Dishub Kota Bekasi untuk melakukan pendaftaran rapid tes antigen. Selanjutnya calon peserta dilakukan swab tes. Tak berlangsung lama, peserta yang menunggu langsung mendapatkan hasil berupa surat keterangan pemeriksaan Covid-19. (fahmi)