BPSDMP Lantik 212 Wisudawan Poltekbang Makassar

  • Oleh : Naomy

Minggu, 19/Sep/2021 23:22 WIB
Wisuda Taruna Taruni Poltekbang Makassar Wisuda Taruna Taruni Poltekbang Makassar

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan menggelar Upacara Yudisium dan Wisuda bagi 212 Taruna Lulusan Program Studi Diploma III Politeknik Penerbangan Makassar. 

Baca Juga:
BPSDMP Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Poltekpel Malahayati Aceh

Upacara dipimpin Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Dr. Umar Aris, diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Wisudawan yang dilantik hari ini berasal dari tiga program studi berbeda, yakni 70 wisudawan dari Program Studi D III Teknologi Navigasi Udara, 47 wisudawan dari Program Studi D III Manajemen Lalu Lintas Udara, dan 95 wisudawan dari Program Studi Teknologi Bandar Udara.

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

"Selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya serta mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan putra putrinya untuk dididik di Poltekbang Makassar," ujar Umar, Sabtu (18/9/2021).

Wisuda bukanlah akhir perjuangan, namun sebuah awal bagi kalian untuk selanjutnya menghadapi hal besar dalam hidup.

Baca Juga:
BPSDMP Dorong Kampusnya Tingkatkan Recovery Usai Pandemi

"Baik itu tantangan, ujian, maupun cobaan. Seperti peribahasa semakin tinggi pohon, semakin kencang angin yang menerpa," ucapnya.

Sebagaimana arahan Menteri Perhubungan, SDM merupakan salah satu faktor kunci dalam kemajuan dunia transportasi, sehingga lembaga pendidikan transportasi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa depan. 

Hal ini sesuai dengan moto BPSDMP yaitu Gunawisista Nimpuna Sistacara yang artinya BPSDMP menghasilkan lulusan yang memiliki fisik yang prima, profesional dalam bekerjan, dan memiliki etika.

"Presiden Pertama Ir. Soekarno mengatakan, karakter merupakan salah satu faktor pendukung utama dalam pembangunan bangsa atau sering disebut dengan national and character building. Sejalan dengan hal tersebut, Poltekbang Makassar telah membekali para anak didiknya dengan hard skill, soft skill, karakter jujur dan integritas tinggi," beber Umar. 

Dia berharap wisudawan tidak lantas merasa cukup dengan ilmu yang telah didapatkan, namun tetap semangat untuk terus belajar guna meningkatkan kualitas diri.

Pandemi mengakibatkan perubahan yang cepat dalam skala global, kondisi ini memaksa kita semua untuk membentuk perilaku baru, menyesuaikan diri, hingga akhirnya mengubah cara hidup di era normal baru. 

Perubahan bukanlah hal mudah sehingga kita membutuhkan kemampuan beradaptasi yang cepat untuk menghadapi tantangan dan persaingan global.

"Para wisudawan sekalian merupakan generasi penerus bangsa serta merupakan agen perubahan di bidang transportasi, khususnya di bidang teknik dan keselamatan penerbangan, maka senantiasa bekerja keraslah dengan jujur dan disiplin sehingga mampu menjadi manusia yang berkualitas dan bermanfaat," imbuhnya.

Dia juga berharap para wisudawan dapat memenuhi harapan masyarakat pengguna transportasi yaitu mewujudkan tersedianya pelayanan transportasi yang selamat, aman, nyaman, serta sehat.

Di akhir sambutannya, Ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada segenap civitas akademika Poltekbang Makassar atas dedikasinya dalam mendidik para wisudawan hingga akhirnya lulus dan siap untuk bersaing dan berkompetisi di dunia global dengan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan.

Dalam penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Kementerian Perhubungan, BPSDM Perhubungan telah memilik pedoman pengasuhan dan pembinaan untuk membentuk karakter para lulusan diharapkan mampu menciptakan SDM Transportasi Unggul dengan tidak mentolerir segala bentuk tindak kekerasan di seluruh perguruan tingginya. (omy)