Kereta Amtrak Terguling, 3 Orang Tewas, Puluhan Luka

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 26/Sep/2021 19:57 WIB


 

Orang-orang bekerja di lokasi kereta Amtrak tergelincir 25 September 2021, di utara-tengah Montana.(Foto: AP)Orang-orang bekerja di lokasi kereta Amtrak tergelincir 25 September 2021, di utara-tengah Montana.(Foto: AP)

Baca Juga:
8 Gerbong Kereta Batu Bara Anjlok dan Terguling di Gunung Megang

MONTANA (BeritaTrans.com) - Setidaknya tiga orang tewas, Sabtu (25/9), sementara beberapa penumpang lain terluka setelah lima gerbong kereta Amtrak keluar dari rel di sisi utara-tengah Montana, kata seorang petugas di Kantor Sheriff Liberty County.

Petugas operator Starr Tyler mengatakan kepada The Associated Press bahwa tiga orang tewas dalam insiden tersebut. Ia tidak memiliki rincian lebih lanjut. Amtrak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ada banyak korban luka.

Baca Juga:
2 Kereta Tabrakan di Muara Enim

Kereta The Empire Builder itu tergelincir keluar dari rel pada pukul 4 sore waktu setempat di dekat Joplin, kota berpenduduk 200 orang, ungkap juru bicara Amtrak, Jason Abrams, dalam sebuah pernyataan. Lokasi kecelakaan berjarak 241 kilometer di utara kota Helena, dan sekitar 48 kilometer dari perbatasan Kanada.

Kereta itu mengangkut sekitar 147 penumpang dan 13 kru, kata Abrams.

Kereta Amtrak melewati kereta New Jersey Transit yang berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di stasiun kereta Elizabeth di Elizabeth, N.J., di sepanjang Koridor Timur Laut Amtrak, 12 Maret 2016.(Foto: AP)Kereta Amtrak melewati kereta New Jersey Transit yang berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di stasiun kereta Elizabeth di Elizabeth, N.J., di sepanjang Koridor Timur Laut Amtrak, 12 Maret 2016.(Foto: AP)

Megan Vandervest, salah seorang penumpang yang naik kereta itu untuk mengunjungi temannya di Seattle, mengatakan kepada The New York Times bahwa ia terbangun akibat insiden itu.

“Pikiran pertama saya adalah bahwa kami tergelincir, karena, jujur saja, saya cemas dan pernah mendengar kisah-kisah tergelincirnya kereta,” kata Vandervest, yang berasal dari Minneapolis. “Lalu saya berpikir itu gila. Tidak mungkin kami tergelincir. Hal seperti itu tidak akan terjadi.”

Ia menuturkan kepada New York Times bahwa gerbong di belakangnya miring, sementara gerbong di belakangnya lagi bahkan terguling, dan tiga gerbong lainnya di belakang gerbong yang terguling itu “benar-benar jatuh keluar dari rel dan terlepas dari rangkaian kereta.”

Berbicara dari Pusat Lansia Libery County, tempat para penumpang dievakuasi, Vandervest mengatakan rasanya seperti “turbulensi ekstrem di pesawat”Presiden AS Joe Biden menyampaikan sambutan pada acara yang menandai Peringatan 50 Tahun Amtrak, di 30th Street Station di Philadelphia, Pennsylvania, AS, 30 April 2021. (Foto: REUTERS/Erin Scott)

​​​​​​Amtrak bekerja sama dengan otoritas setempat untuk mengangkut penumpang yang terluka dan mengevakuasi penumpang lainnya, tambah Abrams.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan beberapa gerbong terguling. Para penumpang tampak berdiri di sepanjang rel, beberapa sambil membawa koper.

Foto-foto itu menunjukkan langit yang cerah, dan tampak bahwa kecelakaan terjadi di jalur rel yang lurus.