Saksikan Teken Kerja Sama AP II dan Untirta Banten, Menteri BUMN Dorong Pengembangan Generasi Muda

  • Oleh : Naomy

Minggu, 03/Okt/2021 07:04 WIB
AP II Kerja Sama pengembangan SDM dehgan Ununtra AP II Kerja Sama pengembangan SDM dehgan Ununtra

JAKARTA (BeritaTrans.com) - BUMN mendorong generasi muda untuk selalu berkembang guna memastikan Indonesia bangkit dan bersaing menuju ekonomi terbesar dunia pada 2045.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-40 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Banten, Jumat (1/10/2021) mengatakan, sumber daya manusia menjadi kunci dalam persaingan yang semakin berat ke depannya. 

Baca Juga:
Penumpang Terus Meningkat, Layanan Penerbangan Umrah di Bandara Soekarno-Hatta dengan Lion Air Kini di Terminal 2F, Garuda dan Saudia Tetap di T3

Sejalan dengan itu, BUMN turut mendorong pengembangan generasi muda untuk siap berkarya di dunia usaha melalui program magang dan lainnya.

“Kita [BUMN] sekarang membuka bagaimana kesempatan magang untuk para mahasiswa di BUMN, yang salah satuya ditandatangani [nota kesepahaman] hari ini bersama PT Angkasa Pura II dan Untirta. Ini menjadi bagian generasi muda kita untuk bisa naik kelas,” ujar Menteri BUMN di kampus Untirta.

Baca Juga:
Angkasa Pura II Siap Kembali Layani Penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga

Menteri BUMN yakin para mahasiswa yang ada di Untirta menjadi gelombang besar yang akan datang, memastikan Indonesia bangkit, Indonesia bersaing, memastikan ekonomi seimbang. 

"Kita akan menjadi negara besar di tahun 2045 dengan memasuki 4-5 besar ekonomi dunia," ungkapnya.

Baca Juga:
Menhub Bertemu dengan Dubes Arab Saudi, Sepakati Pembukaan 4 Penerbangan Umroh dari Bandara Kertajati

Kementerian BUMN menargetkan pada 2023 sebanyak 10% kepemimpinan di BUMN berusia 42 tahun, dan proporsi kepemimpinan wanita di BUMN harus 25%. 

Adapun penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara AP II dan Untirta tentang Sinergi Dalam Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian ke Masyakarat dilakukan oleh President Director of AP II Muhammad Awaluddin dan Rektor Untirta Fatah Sulaiman,  disaksikan Menteri BUMN.

Muhammad Awaluddin mengatakan, kolaborasi antara dunia akademis dan dunia usaha dapat mewujudkan generasi muda yang tangguh sebagai penerus bangsa. 

“Kolaborasi AP II dengan Untirta sangat bermanfaat bagi sektor penerbangan nasional. Sebagai The Leading Indonesia’s Airport Company, AP II bersama Untirta dapat mengakselerasi pengembangan kebandarudaraan nasional untuk meningkatkan daya saing di tingkat regional mau pun global, guna berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia," urainya.

AP II dan Untirta bersama-sama akan melakukan berbagai penelitian, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, seminar, lokakarya, dan kegiatan lainnya. 

Mahasiswa Untirta juga dapat melakukan kegiatan permagangan di lingkungan AP II.

Dia menuturkan, kolaborasi AP II bersama dengan perguruan tinggi diharapkan dapat mendorong program regenerasi kepemimpinan di BUMN secara baik dan lancar. 

Rektor Untirta Fatah Sulaiman mengemukakan, AP II telah turut mendukung program Merdeka Belajar. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran direksi dan jajaran komisaris PT Angkasa Pura II, yang disaksikan langsung oleh Pak Menteri [BUMN], menandatangani MoU sekaligus memberikan komitmen mendukung implementasi Merdeka Belajar,” tuturnya.

Adapun dalam kesempatan yang sama, AP II menyalurkan bantuan 15 unit laptop senilai Rp100 juta untuk fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar. 

Menteri BUMN l menekankan bahwa transformasi sumber daya manusia (SDM) adalah bagian paling penting dalam program transformasi BUMN yang tengah berjalan. 

Transformasi BUMN dilakuan melalui lima prioritas utama yakni restrukturisasi modal bisnis, pengembangan teknologi dan digitalisasi, keseimbangan antara nilai ekonomi sebagai korporasi dengan fungsi pelayanan publik, menciptakan ekosistem investasi yang sehat dan bisnis proses yang baik, serta mengembangkan SDM berkualitas. 

“Transformasi yang dilakukan tidak ada artinya tanpa diikuti transformasi human capital,” ujar Menteri BUMN.

Di samping itu, SDM di BUMN juga harus memegang core values AKHLAK yakni Amanah, Kompetensi, Harmonis, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif. (omy)