Ganjil Genap Depok, Polisi Bakal Alihkan Kendaraan Tidak Sesuai ke Jalur Alternatif

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 03/Okt/2021 16:45 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

DEPOK (BeritaTrans.com) - Polres Metro Depok mempersiapkan jalur alternatif untuk kendaraan yang tidak bisa melintasi Jalan Margonda Raya jika aturan ganjil genap diterapkan. 

Dikutip BeritaTrans dari Kompas, Kasat Lantas Polres Metro Depok, AKBP Andi M Indra Waspada mengatakan masyarakat yang tidak dapat melintas karena pemberlakuan ganjil genap tidak perlu khawatir. 

Baca Juga:
Arus Mudik Lebaran, 79.000 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

"Masyarakat tidak usah khawatir. Kita kan udah buatkan jalur alternatif juga. Kalau mau menuju Djuanda, itu kan ada jalur alternatif yang bisa kita lewatkan tuh. Jadi sudah kita antisipasi juga untuk jalur alternatifnya," ujar Andi saat dikonfirmasi, Ahad (3/10/2021). 

Andi mengungkapkan, guna menghindari kemacetan yang terjadi di jalur alternatif akibat pemberlakuan ganjil genap, pihaknya akan mempersiapkan rambu di jalan tersebut. 

Baca Juga:
Diskon Tarif Jalan Tol 20 Persen Arus Balik Berlaku hingga 19 April 2024

"Pertama rambu-rambu untuk jalur yang dilewati. Sehingga nanti masyarakat jelas apabila memang ternyata kendarannya tidak sesuai dengan jam ganjil genap maka mereka bisa lewat ke jalur yang sudah disiapkan," ujarnya. 

Ia menambahkan, kebijakan yang diambil dengan membuka jalur alternatif dilakukan guna mengurangi kepadatan di ruas jalan Margonda. 

Baca Juga:
Lebih 1,2 Juta Kendaraan Lintasi Tol Arah Jabotabek hingga H+4 Lebaran

"Intinya pengalihan aja, sehingga mengurangi kepadatan di ruas jalan Margonda," ungkapnya. 

Pengalihan ke jalan alternatif tersebut diterapkan di beberapa titik seperti dari arah Lenteng Agung diarahkan belok kiri ke Jalan Komjen M Jasin, dari arah Jalan Komjen M Jasin diarahkan lurus ke Lenteng Agung. 

Sedangkan dari arah Juanda diputar balik, dari exit tol diarahkan belok kiri ke arah Juanda.  Untuk pengendara dari arah Jalan Arif Rahman Hakim diarahkan belok kanan ke Jalan Margonda Seg.1. 

Sementara itu untuk pengendara dari arah Jalan Margonda Seg.1 dibelokkan ke Jalan Arif Rahman Hakim, dan dari Arah Tol Kukusan dibelokkan ke Jalan Ir. H Juanda.(fhm/sumber:kompas)