Balitbanghub Gelar Seminar Nasional RPP Bandara Perairan

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 15/Okt/2021 13:55 WIB
Umar Aris Umar Aris

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) gelar Seminar Nasional Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Bandara Perairan.

Seminar mengambil tema "Public Expose RPP Bandara Perairan dalam Mendukung Pariwisata Nusantara melalui Kolaborasi Anak Bangsa (Pentahelix)".

Baca Juga:
Kepala Baketrans Beberkan Pentingnya Penegakan Hukum Bidang Pelayaran di FGD Gelaran KSOP Tg. Balai Karimun

Kepala Balitbanghub Umar Aris mengungkapkan, pihaknya bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada melakukan penelitian terkait seaplane.

"Kami juga melakukan uji coba operasi seaplane di Gili Iyang Madura beberap waktu lalu," ujar Umar, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga:
Yuk Isi Survey Baketrans Terkait Rencana Kamu Saat Libur Nataru Nanti

Saat ini juga tengah dikaji untuk uji pengoperasian di Mandalika Lombok. Pertimbangannya adalah karena Lombok banyak memiliki potensi wisata air yang dapat memadukan pesawat seaplane di perairan.

Seaplane memadukan tiga moda konvensional di darat, laut, dan udara.

Baca Juga:
Ayo Nikmati Jurnal Penelitian Multimoda Bakertrans

"Keberadaan seaplane dapat meningkatkan kemudahan dan keterpaduan dalam transportasi udara dan laut karena Indonesia unik," ungkapnya.

Hadir sebagai Keynote Speech Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni Prof Paripurna dengan pemandu Kapuslitbang Transportasi Udara Capt. Novyanto Widadi.

Moderator Seminar Maulinda Eka Yuniza, dengan narasumber Prof Marsudi, Prof. Bambang Triatmodjo, Dr. Eng. Lukijanto, Maruli Simanjuntak, dan I Made Pari Wijaya.

Adapun pembahas dalam seminar ini yakni Prof. Wihana Kirana Jaya, Hary Kriswanto (Kabiro Hukum Kemenhub) Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim, M. Khatim (Airnav Indonesia), Nafhan Syahoni (Direktur Bandar Udara), dan Subagiyo (Direktur Kepelabuhanan). (omy)