Sering Traveling, Pria Ini Penasaran Kenapa Tidak Ada Kursi Baris Ke-13 di Pesawat

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 16/Okt/2021 16:28 WIB
Ilustrasi kursi pesawat (Thinkstock) Ilustrasi kursi pesawat (Thinkstock)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Saat naik pesawat, traveler akan duduk nomor dan baris kursi yang sudah diatur. Suatu hari, pria ini tersadar kalau di pesawatnya tak ada baris kursi nomor 13. 

Pria itu bernama Tom Cutter. Dilansir dari Daily Star, dirinya sedang berada dalam penerbangan Ryanair. Saat itu Cutter sedang mencari tempat duduknya. 

Baca Juga:
3 Korban Pesawat Latih Jatuh di BSD, Dibawa ke RS Polri

Kemudian Cutter sadar bahwa di dalam pesawat tersebut tak ada baris kursi bernomor 13. Habis baris 12, langsung loncat ke nomor 14. 

Cutter pun memfoto baris kursi di dalam pesawat dan membagikannya di media sosial. Dalam caption Cutter menyebutkan bahwa nomor kursi yang loncat ini sangatlah aneh. 

Baca Juga:
Pesawat Latih Jatuh di BSD Tengerang, 3 Orang Tewas

"Aneh, bagaimana tidak ada baris 13 di penerbangan Ryanair. Mengapa tidak? Takhayul? Pastinya tidak!," tulisnya. 

Melihat ini, juru bicara Ryanair langsung memberi jawaban. Dirinya membenarkan bahwa tidak adanya baris dengan nomor 13 berkaitan dengan takhayul. 

Baca Juga:
INACA: Iuran Pariwisata jadi Beban Tambahan Penumpang dan Maskapai Penerbangan

"Ini tradisi manufaktur Amerika," ucap juru bicara tersebut. 

Tak hanya Ryanair, maskapai Air France dan Iberia juga tidak memiliki baris nomor 13 di semua pesawatnya. Sementara itu, Lufthansa tidak memiliki baris kursi dengan nomor 13 dan 17. 

Ya, angka 13 memang identik dengan sial. Dalam dunia penerbangan pun demikian. Ini bukanlah nomor yang diharapkan banyak orang. 

Angka 17 pun demikian. Banyak yang tidak tahu bahwa angka 17 juga dianggap sial karena penulisannya. Jika dituliskan dalam angka Romawi tujuh belas akan berbentuk XVII. 

Anagram dari XVII memiliki arti 'Hidupku sudah berakhir' dalam bahasa latin. Inilah alasan tidak ada baris nomor 13 dan 17 di pesawat Lufthansa. 

Tak hanya di dunia barat, dalam beberapa budaya angka 13 memang kerap dianggap sial. 

Kalau menurutmu bagaimana, traveler?
(Detik.com)