Berapa Sih Gaji Pramugari Kapal Pesiar? Ternyata Sebanding dengan Capeknya

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 16/Okt/2021 17:51 WIB
Foto:istimewa Foto:istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gaji pramugari kapal pesiar sangat bervariasi. Hal ini bergantung pada sejumlah faktor, seperti pendidikan, sertifikasi, keterampilan tambahan, dan jumlah tahun yang dihabiskan dalam profesi itu sendiri.

Perusahaan tempat Anda bekerja juga menentukan besar gaji yang didapatkan. Gaji pramugari kapal persiar berkisar USD2.700 (Rp38 juta) hingga lebih dari USD9.000 (Rp126 juta) per bulan tergantung pengalaman kerja dan ukuran kapal pesiar tersebut.

Baca Juga:
Jadwal Kapal Pelni KM Bukit Raya Natuna-Jakarta-Surabaya-Pontianak pada Maret 2024

Melansir laman Salary.com, gaji rata-rata pramugari di perusahaan kapal pesiar elite seperti Royal Caribbean Group di Amerika Serikat dapat mencapai USD81.900 atau sekitar Rp1,15 miliar per tahun.

Selain gaji pokok, pramugari kapal pesiar mendapat sederet benefit lain meliputi akomodasi, makanan, laundry, pelatihan, penerbangan ke dan dari kapal, ansuransi medis dan jiwa sampai diskon kapal pesiar untuk anggota keluarga.

Baca Juga:
Penumpang Kapal Pesiar yang Bersandar di Bali Dikenakan Biaya Retribusi Turis Asing

Pramugari kapal pesiar bertugas untuk menyajikan makanan dan minuman serta menjaga kebersihan kabin untuk kenyamanan penumpang. Seperti yang dilansir dari Cruise Mummy.

Tak jauh beda dengan pramugari pesawat, pramugari kapal pesiar juga dituntut untuk memastikan keselamatan penumpang selama berada di kapal.

Baca Juga:
JPPI Bersama Cucu Perusahaan Pelindo Teken Kerja Sama Docking Kapal

Mereka juga diwajibkan menjaga persediaan logistik dan melaporkannya kepada manajer atau kepala departemen.Menjadi pramugari mungkin memerlukan gelar associate atau yang setara.

Bekerja sebagai pramugari kapal pesiar biasanya membutuhkan 3-5 tahun pengalaman terkait serta telah memperoleh kemahiran dalam berbagai kompetensi yang relevan dengan pekerjaan.

Umumnya pekerja kapal pesiar tidak mendapatkan hari libur bahkan cuti pun susah bukan main. Mereka akan bekerja setiap hari selama masa kontrak, dengan durasi 10 hingga 12 jam per hari.

Maka wajar saja jika banyak anggota kru kapal pesiar memilih untuk beristirahat di darat selama satu atau dua bulan lamanya, sebelum berpikir panjang untuk kembali memperbarui kontrak kerja mereka.(amt) sumber:okezone.com)