Plt. Kepala BPSDMP Lantik Perwira Transportasi Penerbang API Banyuwangi

  • Oleh : Naomy

Senin, 18/Okt/2021 18:20 WIB
Pelantikan Perwira API Banyuwangi Pelantikan Perwira API Banyuwangi

 

BANYUWANGI (BeritaTrans.com) - Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Capt. A. Arif Priadi lantik Perwira Transportasi Penerbang Angkatan XX, XXI dan CPL-IR NS I Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi. 

Baca Juga:
Tingkatkan Mutu Pendidikan Vokasi Transportasi, BPSDMP Gandeng UITM Malaysia

Pelantikan dilaksanakan secara hybdrid dengan menerapkan protokol kesehatan dan online yang dihadiri orang tua wisudawan. 

"Sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,  Pembangunan Non Fisik atau pembangunan SDM merupakan faktor penting lainnya yang harus dibangun dalam rangka menjadikan lndonesia menjadi negara maju yang berdaulat," ungkapnya, Senin (18/10/2021). 

Baca Juga:
BPSDMP Cegah Terjadinya Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus

Kemenhub secara konsisten melaksanakan pembangunan SDM Transportasi melalui 27 Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat, Laut dan Udara serta Kereta Api yang tersebar di seluruh lndonesia.

Untuk meningkatkan pelayanan keselamatan dan keamanan transportasi diperlukan insan transportasi yang memiliki knowledge, skill, dan attitude.

Baca Juga:
Rayakan 1 Abad Revitalisasi Pendidikan Kepelautan di STIP: Indonesia Urutan 3 Besar Penyuplai Pelaut Internasional

“Pembangunan SDM Transportasi ini tentu saja bukanlah hal yang mudah, namun kami terus berusaha menyediakan sarana dan prasarana serta Pendidikan dan pelatihan yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat guna meningkatkan kompetensi dan keahlian dengan harapan bahwa seluruh perwira transportasi dapat turut serta berperan aktif dalam membangun dunia perhubungan di lndonesia," paparnya.

Capt. Arif berharap para wisudawan nantinya dapat menjadi agen transportasi yang mampu menjadi penghubung bagi seluruh kepulauan di lndonesia yang tersebar dari Sabang di ujung Barat lndonesia sampai Merauke yang ada di Ujung Timur lndonesia.

Selain itu dari Miangas di ujung Utara lndonesia sampai Pulau Rote yang ada di ujung Selatan lndonesia, yang memiliki banyak keberagaman yang ada saat ini baik itu suku, budaya, ras dan agama sehingga transportasi dapat menggerakan berbagai sektor dan menjadikan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan menjadi merata di seluruh Nusantara.

“Bhaktimu telah dinanti, ayo bangun negeri ini," tuturnya.

Adapun perwira transportasi yang dilantik sebanyak 19 orang, terdiri dari peserta Diklat Non Diploma Penerbang Angkatan XX sebanyak 12 Taruna, peserta Diklat Non Diploma Penerbang Angkatan XXI sebanyak lima Taruna, dan peserta Diklat CPL-IR NS Angkatan I sebanyak  dua Taruna.

Pada upacara wisuda, Direktur API Banyuwangi, Capt. Ahmad Hariri menyampaikan laporan bahwa terdapat wisudawan yang memiliki nilai rata-rata tertinggi.

Mereka yaitu Taruna Bill Clinten Mangiri pada Diklat Non Diploma Penerbang Angkatan XX dengan nilai rata-rata 89,2 dan total jam terbang sebanyak 189 jam, Taruna Muhammad Irvan Basyra Akbar Muha pada Diklat Non Diploma Penerbang Angkatan XXI dengan nilai rata-rata 85,8 dan total jam terbang sebanyak 173 jam.

Selanjutnya Taruna Dika Wahyudi Usman pada Diklat CPL-IR NS Angkatan I dengan nilai rata-rata sebanyak 88,25 dan total jam terbang sebanyak 182 jam. 

“Kami berharap para wisudawan dapat terus menerus meningkatkan kompetensinya, menyesuaikan diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berbagai peraturan nasional dan konvensi international yang berlaku, sehingga mampu beradaptasi dari segala situasi serta bersaing baik secara nasional dan internasional," ucapnya. (omy)