2 Kapal Pelni Beroperasi Kembali, Layani Rute Swmarang-Karimunjawa

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 29/Okt/2021 18:46 WIB
Kapal Pelni jelajah Karimun Jawa Kapal Pelni jelajah Karimun Jawa


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Setelah nyaris vakum dua tahun dampak pandemi Covid-19, kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) siap berlayar kembali ke Karimunjawa, Jawa Tengah. 

Hadir dengan mengedepankan pelayaran yang aman dan nyaman serta sesuai protokol kesehatan, KM Lawit akan melayari rute Semarang - Karimunjawa - Semarang mulai hari ini (29/10/2021). 

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT Pelni Sukendra mengemukakan, Pelni telah mempersiapkan dua armadanya untuk melayani rute Karimunjawa, yaitu KM Lawit dan KM Kelimutu. 

"Untuk KM Kelimutu direncanakan akan melayani rute Karimunjawa pada minggu ketiga November," tutur Sukendra. 

Baca Juga:
Persiapan Angleb, Pelni Tingkatkan Fasilitas Kapal dan Dorong Pemudik Pesan Tiket di Aplikasi

Menurutnya, keberangkatan KM Lawit dengan rute Semarang - Karimunjawa - Semarang akan berangkat pukul 23.59 WIB.

Selanjutnya Jumat (12/11/2021) keberangkatan pukul 23.00 WIB, dan Jumat (26/11/2021) pukul 23.00 WIB. 

Baca Juga:
Pelni Pastikan 56 Kapal Layak Laut dan Operasi di Angleb 2024

Berlayarnya kembali kapal Pelni menuju Karimunjawa ini juga sebagai tindaklanjut atas audiensi yang dilakukan Kementerian Perhubungan, Pelni, Bupati Jepara dan dinas terkait lainnya pada beberapa pekan lalu. 

"Sejak hadir pada tahun 2016, jumlah penumpang kapal Pelni yang akan berwisata menuju Karimunjawa terus tumbuh setiap tahunnya. Dengan beroperasinya kembali dua kapal Pelni ini diharapkan dapat menumbuhkan lagi sektor perekonomian dan pariwisata di Kepulauan Karimunjawa," tambahnya. 

Data perusahaan menunjukkan jumlah penumpang kapal Pelni menuju Karimunjawa tercatat sebesar 6.187 pelanggan pada tahun 2016. 

Jumlah penumpang sempat mengalami penurunan sebesar 3,4 persen di tahun 2017 menjadi 5.974 dan kembali tumbuh di tahun 2018 yakni mencapai 7.726 pelanggan. 

Selanjutnya, pada 2019 jumlah penumpang telah menyentuh angka hingga 10.717 pelanggan. 

"Jumlah penumpang menuju Karimunjawa mengalami penurunan di tahun 2020 sejumlah 1.145 pelanggan akibat pandemi Covid-19 yang membuat pemerintah daerah menyesuaikan diri dalam menerapkan kebijakan di Kepulauan Karimunjawa," ungkap Sukendra. 

KM Lawit dan KM Kelimutu merupakan kapal penumpang Pelni dengan kapasitas sebesar 1.000 pax. 

KM Lawit melayani rute Tg. Priok - Pontianak - Semarang - Kumai - Semarang - Karimunjawa - Semarang - Pontianak - Tg. Priok. Sedangkan KM Kelimutu memiliki rute pelayaran Surabaya - Kumai - Surabaya - Sampit - Semarang - Kumai - Semarang - Karimunjawa - Semarang - Sampit - Surabaya. 

Lebih lanjut, Sukendra juga menjelaskan kepada seluruh penumpang bahwa untuk informasi lebih lanjut terkait hal tersebut dapat diperoleh melalui website resmi perusahaan www.pelni.co.id dan sosial media @Pelni162.

"Kami juga memiliki call center 162 dan layanan melalui WhatssApp di nomor 0811-162-1-162 selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan informasi seluruh pelanggan kapal Pelni," tutup Sukendra. (omy)