2 Pesawat Airbus A321neo Serempetan

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 03/Nov/2021 00:01 WIB


HANOI (BeritaTrans.com) - Dua pesawat Bamboo Airways A321neo serempetan di area parkir Bandara Internasional Nôi Bài Hanoi, Vietnam.

Badan kedua pesawat mengalami kerusakan ringan.  CAA Vietnam mengatakan insiden itu terjadi sebagai akibat dari ketidakpatuhan terhadap protokol operasional yang tepat.

Baca Juga:
Pesawat Jatuh di Kamerun, Angkut 11 Orang

Simpleflying.com pada Selasa (2/11/2021)  memberitakan insiden itu terjadi sekitar pukul 07.00 waktu setempat di Bandara Internasional Nôi Bài Hanoi.

Ekor pesawat Airbus A321neo Bamboo Airways bertabrakan dengan hidung pesawat dengan tipe dan operator yang sama. Insiden itu terjadi ketika pesawat didorong mundur dalam apa yang disebut maskapai sebagai 'kondisi cuaca yang tidak menguntungkan'.

Baca Juga:
3 Pesawat Brussels Airlines Dialihkan Pendaratan karena Darurat Medis Selama Sepekan ini

Jet, terdaftar sebagai VN-A222 itu mengoperasikan penerbangan QH1621 ke Duong Dong di Phu Quoc. Bamboo Airways mengerahkan A321neo pengganti yang terdaftar sebagai VN-A888, dan penumpang tiba di tempat tujuan dengan penundaan lebih dari dua jam.

“Bamboo Airways dengan tulus meminta maaf kepada penumpang atas kejadian yang tidak terduga, dan pada saat yang sama, ingin mengucapkan terima kasih kepada penumpang penerbangan QH1621 atas pengertian, simpati, dan kerja sama dalam proses pergantian pesawat untuk melakukan perjalanan,” maskapai yang berfokus pada rekreasi. kata dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga:
Mesin 2 Pesawat Rex Airlines Berasap, Penumpang Berloncatan

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh maskapai, dikatakan bahwa kedua pesawat telah mengalami goresan ringan di badan pesawat dan prosedur yang tepat telah diikuti segera setelah insiden itu.

Direktur Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) Vietnam, Dinh Viet Thang, juga berbagi dalam pernyataannya bahwa penyelidikan awal menunjukkan bahwa pengemudi traktor penarik telah melakukan prosedur yang salah. Sejumlah tabrakan telah terjadi di Nôi Bài baru-baru ini, terutama selama cuaca buruk dan jarak pandang terbatas.


 Pesawat yang mengalami benturan di bagian hidungnya adalah VN-A590, A321neo berusia lebih dari tiga tahun. Foto: Melv_L_MACASR melalui Wikimedia Commons.

(dien).