Penumpang Pesawat Batik Air Kini Bisa Check In Online Pakai Aplikasi Batik Air Mobile

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 05/Nov/2021 10:09 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Batik Air menghadirkan fasilitas terbaru pada perangkat 'Batik Air Mobile Apps' untuk menawarkan kemudahan calon penumpang saat melakukan pelaporan mandiri atau self check-in sebelum keberangkatan. 

“Jadikan pengalaman penerbangan semakin berkesan dengan melakukan check-in mandiri secara digital hanya dalam satu genggaman saja," ujar Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, Jumat (5/10/2021) 

Baca Juga:
Imbauan Pembelian Tiket Lion Air Group: Penumpang Harus Perhatikan dan Pahami Proses

Layanan “mobile apps” terbaru yang memiliki keunggulan dengan nilai lebih “tak perlu repot-repot lagi melakukan check in di bandar udara serta mengurangi kontak dengan keramaian atau mengurangi antrean”, sehingga menambah pengalaman sebelum terbang atau “pre flight” yang akan melakukan penerbangan dengan Batik Air. 

Aplikasi tersebut dapat digunakan pada platform OS Android pada Google Play Store dan iOS melalui aplikasi Apple Store. 

Baca Juga:
9 Tahun Mengudara, Batik Air Fokus Pengembangan Penerbangan Internasional

Cara menggunakan 

Proses check-in lebih cepat, langkah praktis sebagai berikut 

Baca Juga:
Maskapai Malaysia Malindo Air Ubah Nama Jadi Batik Air, Ada Apa?

1. Buka Batik Air Mobile Apps dan pilih menu Online Check-in 

2. Masukkan kode pemesanan (booking reference number/ PNR) pada tiket yang terdiri enam karakter yaitu 6 huruf kapital dan nama belakang (last name) atas nama tamu yang akan melakukan penerbangan. 

3. Pahami tentang barang bawaan yang memenuhi aspek ketentuan keselamatan penerbangan (apakah tergolong barang berbahaya atau tidak). 

4. Pilih “lanjut” (continue) untuk proses check-in dengan memilih penerbangan dan nama tamu sesuai pada tiket yang akan mengikuti penerbangan (klik untuk memberi tanda centang pada kolom). Proses check-in selesai. 

Danang mengemukakan, Batik Air Mobile Apps dirancang tampilan interface yang lebih mudah digunakan ketika mengakses informasi layanan dan rencana penerbangan dalam satu genggaman dan tepat waktu “mobile & realtime”. 

"Jadikan pengalaman check-in online Batik Air lebih cepat, lebih mudah dan lebih aman. Para tamu dapat melakukan check-in mandiri secara digital dari handphone," tegasnya pada keterangan resmi. 

Dilanjutkannya, Batik Air senantiasa mengembangkan produk penerbangan baru sejalan komitmen dalam menyediakan cara yang cepat dan nyaman untuk check-in. 

Ketentuan check-in online di Batik Air Mobile Apps 

1. Para tamu yang memiliki tiket penerbangan Batik Air rute dalam negeri. 

2. Para tamu secara personal (perseorangan) atau pembukuan maksimal 10 orang (group booking) 

3. Dapat dilakukan maksimal 12 jam sebelum keberangkatan. 

Layanan mobile check-In, tidak tersedia untuk: 

1. Para tamu dengan jumlah penumpang dalam satu tiket lebih dari 10 orang (group booking) 

2. Para tamu yang membutuhkan bantuan khusus di bandar udaraa misalnya; penumpang dalam kondisi hamil, Unaccompanied Minor (UM) atau anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya. 

3. Para tamu dengan penerbangan lanjutan beda maskapai. Sebagai contoh penerbangan dari Batik Air (ID) dilanjutkan Lion Air (JT), Wings Air (IW) atau maskapai lainnya. 

4. Kategori bayi di bawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk. (fhm)