Tangki Kilang Pertamina di Cilacap Kebakaran, Puluhan Warga Dievakuasi

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 14/Nov/2021 01:43 WIB
Ilustrasi kebakaran. Ilustrasi kebakaran.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah dikabarkan mengalami kebakaran, Sabtu (13/11) petang. Dalam sejumlah video warga yang diunggah, ledakan kebakaran membuat kobaran api nampak besar. 

Kebakaran tersebut dibenarkan oleh pihak Pertamina. Namun demikian kebakaran diklaim terjadi pada salah satu tangki produk. Belum ada keterangan lebih lanjut yang dapat diberikan. 

Baca Juga:
Kebakaran TPS di CBL Bekasi, Asap Sampai ke Jalan Tol Cibitung

"Salah satu tanki produk terbakar. Bukan kilangnya ya. Informasi berikutnya kami akan sampaikan," ujar Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Ifki Sukarya saat dihubungi, Sabtu (13/11). 

Hal senada juga dibenarkan pejabat Pertamina lainnya. 

Baca Juga:
Resmi Naik! Berikut Daftar Terbaru Harga BBM Pertamina Per Wilayah di Indonesia

"Saya sedang meluncur ke lokasi jadi saya belum bisa memberi tahu apa-apa, tetapi memang betul terjadi kebakaran," ujar Unit Manager Commrel & CSR Pertamina RU VI Balongan Indramayu Cecep Supriyatna saat dihubungi, Sabtu (13/11). 

Kebakaran yang melanda kilang Cilacap belum lama terjadi. Sebelumnya, kebakaran melahap lingkungan sekitar tangki pada Juni lalu. 

Baca Juga:
Kebakaran Lahan di Dekat Tol Palembang-Indralaya, Api Berhasil Dipadamkan

Kebakaran terjadi di area pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap pukul 19.45 WIB. Kebakaran yang terjadi di bundwill tangki 39T-205 itu berhasil dikendalikan kurang lebih satu jam setelah kejadian atau sekitar pukul 20.40 WIB. 

Namun pada masa pendinginan tangki 39T-205, muncul satu titik api di pipa saluran keluar tangki 39T-203. Titik api itu kemudian baru dapat dipadamkan pada ahad (13/6) pukul 10.50 WIB.

Warga Sekitar Kebakaran Dievakuasi

PT Pertamina (Persero) melakukan evakuasi sekitar 80 warga dari Kelurahan Lomanisdi yang berada di sekitar tangki Kilang Cilacap yang terbakar. 

Warga dievakuasi ke tempat pengungsian sementara di Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir, Lomanis. Hal itu disampaikan Pertamina dalam siaran pers resmi kepada wartawan, Sabtu (13/11/2021). 

"Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman," tulis Pertamina dalam siaran persnya. 

BUMN migas tersebut memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji aman dan tidak mengalami gangguan meski terjadi kebarakan tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021). 

Adapun saat ini, Pertamina masih berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman kebakaran tangki di area Kilang Cilacap. 

Upaya pemadaman dilakukan secara intensif dengan menggunakan High Capacity Foam Monitor pada tangki yang terbakar. Sementara itu, untuk tangki di sekitarnya dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran. 

Kebakaran 1 tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah terjadi sekitar pukul 19.20 WIB . Tangki yang terbakar berisi produk Pertalite. Hingga saat ini, Pertamina belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. 

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina. Sedangkan kapasitas pengolahannya mencapai 270.000 barel per hari. Kilang ini memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah. (Fhm)