Roda Belakang Bermasalah, Airbus A319 Air India Mendarat Darurat

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 17/Nov/2021 05:50 WIB


NEW DELHI (BeritaTrans.com) - Air India dengan tujuan Kolkata terpaksa mendarat darurat beberapa menit setelah lepas landas (take off) dari Bandara Kumbirgram di Assam Silchar. Hal itu dipicu oleh salah satu roda belakang pesawat yang tidak berfungsi.

 Melansir laman India Today, pesawat itu harus mendarat darurat setelah terlihat ada kesalahan teknis di salah satu roda bagian belakang. Keadaan darurat itu diumumkan oleh petugas di Bandara Kumbhgram. 

Baca Juga:
Ban Meleduk Saat Lepas Landas, Pesawat Airbus A319 Delta Air tergelincir

Pesawat Airbus A319 tersebut membawa sebanyak 144 penumpang plus awak kabin. Beruntung, pesawat itu mendarat dengan selamat tanpa adanya korban. 

 Pendaratan darurat akibat malfungsi roda juga pernah terjadi pada Minggu, 12 Mei 2019 silam. Insiden dialami pesawat Embraer-190 milik maskapai Myanmar Airlines dengan nomor penerbangan UB-103. Peristiwa itu terjadi di Bandara Mandalay sekira pukul 14.30 waktu setempat. 

Baca Juga:
Perusahaan Otomotif Tata Ambil Alih Air India, Air India Express, dan Air India-SATS dari Pemerintah

Pesawat mendarat darurat lantaran roda pendaratan bagian depan tidak berfungsi. Akibatnya, moncong pesawat langsung menghantam landasan pacu dan terseret beberapa meter. Untungnya, tak ada korban dalam peristiwa itu.

Baca Juga:
Terbelah Duanya Pesawat Air India Express saat Mendarat Gegara Kesalahan Pilot, Ungkap Penyelidik