Perwira Karier TNI AU 2007 Berikan Bantuan Bagi Korban Banjir Bandang Kota Malang

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 17/Nov/2021 10:41 WIB
foto:istimewa/puspenTNI foto:istimewa/puspenTNI

JAWA TIMUR (BeritaTrans.com) - Banjir bandang yang menerjang wilayah Kota Batu, Malang, Jawa Timur, pada Kamis 4 November 2021 menyisakan duka bagi warga masyarakat yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas. Akibat banjir bandang tersebut menyebabkan rusaknya beberapa infrastruktur seperti jembatan, akses jalan dan jaringan pipa air bersih yang menjadi kebutuhan warga.

Imbas dari kerusakan pipa saluran air bersih  tersebut, membuat layanan pendistribusian air bersih bagi warga  masyarakat di beberapa kelurahan di Kota Malang terdampak. Akibatnya beberapa kelurahan tidak mendapatkan air bersih yang menjadi kebutuhan pokok warga masyarakat. Beberapa wilayah yang terdampak akibat rusaknya jaringan pipa saluran air bersih diantaranya adalah Tlogomas, Tasikmadu, Tunggul Wulung, Sumbersari, Ketawanggede, Karang Besuki, Jatimulyo, Tegal Gondo, Lowokwaru, Penanggungan, Mojolangu, Dinoyo, Merjosari dan Temas.

Baca Juga:
Lulusan AAU Gelar Olahraga Golf Maguwo Junior Turnament 2023

Untuk membantu meringankan beban korban banjir bandang yang terjadi di Kota Malang Jawa Timur tersebut, Perwira Karier TNI Angkatan Udara letting 2007 yang dikenal dengan “Durapati” melakukan aksi peduli dengan memberikan bantuan ke salah satu kelurahan yang terdampak banjir bandang yaitu Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga:
Tim Pembina Samsat Jawa Timur Kunjungan Kerja ke Kantor Bersama Samsat Kabupaten Bandung Barat

Bantuan yang diberikan oleh Durapati 2007 tersebut berupa pipa saluran air bersih untuk mengganti pipa air yang rusak diterjang banjir bandang. Pipa air bersih yang diberikan untuk Kelurahan Temas tersebut memiliki kekuatan dan elastisitas tinggi, sehingga sangat cocok serta aman untuk daerah rawan banjir. Bantuan pipa saluran air bersih itu nantinya dapat membantu  sekitar 350 kepala keluarga yang tinggal Kelurahan Temas, Kecamatan Kecamatan Batu.

Pemberian bantuan tersebut dilakukan setelah melaksanakan koordinasi dengan Kepala Kelurahan Temas Bapak Adi Santoso. Awalnya Durapati 2007 akan memberikan bantuan berupa makanan, obat-obatan, sembako dan pakaian layak pakai. Namun Kepala Kelurahan Temas menyampaikan bahwa untuk makanan dan obat-obatan sudah terpenuhi dan menyampaikan kebutuhan mendesak dari warga adalah air bersih, sehingga Kepala Kelurahan Temas menyampaikan agar bantuannya berupa pipa air bersih untuk mengganti yang sudah rusak karena diterjang air banjir bandang.

Baca Juga:
Antisipasi Potensi Bencana Wilayah Jakarta, Kepala BNPB dan PJ Gubernur DKI Koordinasi Mitigasi dan Kesiapsiagaan

Aksi nyata yang dilakukan Perwira Karir TNI Angkatan Udara 2007 atau Durapati 2007 tersebut adalah spontanitas dalam membantu sesama manusia khususnya bagi warga masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana alam banjir bandang. Aksi Peduli yang dilakukan Durapati 2007 tersebut merupakan salah satu perwujudan dari prinsip manunggal bersama rakyat.

Penyaluran bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Mayor Sus Hermanto sebagai perwakilan “Durapati 2007” yang berdinas di Kota Malang Jawa Timur dan diterima secara langsung oleh Kepala Kelurahan Temas Bapak Adi Santoso di dampingi ketua RT dan warga masyarakat.

Kepala Kelurahan Temas menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI khususnya Perwira Karier TNI AU 2007 yang telah peduli dan memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir bandang, khususnya yang berada di Kelurahan Temas, Kecamatan Batu Malang, Jawa Timur.

Bantuan ini sangat penting sekali karena sesuai yang dibutuhkan warga Kelurahan Temas, dimana daerah ini adalah salah satu kelurahan yang paling terdampak banjir bandang dan menyebabkan putusnya jaringan pipa air bersih.

“Sekali lagi atas nama warga Kelurahan Temas kami mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI Angkatan Udara khususnya Perwira Karier TNI AU 2007, semoga bantuan ini menjadi berkah,” ungkapnya. (ahmad/puspenTNI)