Kembali KSO TPK Koja Gandeng PMI Jakarta Gelar Donor Darah Terakhir di Tahun 2021

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 01/Des/2021 12:45 WIB
Kegiatan donor darah di TPK Koja (foto;BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad) Kegiatan donor darah di TPK Koja (foto;BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad)

JAKARTA (BeritaTrans.com) Bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta, KSO TPK Koja kembali mengadakan kegiatan donor darah ke 3 atau yang terakhir pada tahun 2021.

Baca Juga:
Kembali KSO TPK Koja Gandeng PMI DKI Jakarta Gelar Donor Darah

Donor darah digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang diadakan di ruang serba guna lantai-5 Gedung KSO TPK Koja, Jl Digul No.1 Tanjung Priok Jakarta Utara, Rabu (1/12/2021). 

Kegiatan ini dimulai dari pukul 10:00 sampai dengan pukul 13.00 WIB dan hanya diperuntukkan bagi karyawan yang bekerja di lingkungan KSO TPK Koja dan tidak diperuntukkan untuk umum.

Baca Juga:
Program Donor Darah Kembali di Gelar, TPK Koja Gandeng PMI DKI Jakarta

Salah satu pendonor wanita yang merupakan pegawai TPK Koja mengatakan, "Donor darah ini sangat berguna bagi kesehatan karena darah akan memproduksi yang baru dalam tubuh dan juga beramal bagi yang membutuhkan," ungkap Desi yang sudah ke empat kalinya. 

Baca Juga:
OP Priok Gandeng PMI Gelar Aksi Donor Darah di Terminal Penumpang Nusantara Pura

Sama halnya dengan ungkapan Zunaedi yang mendonorkan darahnya sudah  enam kalinya. 

Tim dari PMI DKI Jakarta yang dikomandoi ibu Ninit bersama dr Nurjanah dan menyiapkan 6 tempat untuk pengambilan darah di mana setiap pendonor akan melalui beberapa tahapan sebelum dinyatakan layak untuk diambil darahnya antara lain: 

1. Cek Suhu dimana tidak boleh melebihi 37.5 derajat Celcius

2. Mengisi Formulir dan menjawab setiap pertanyaan yang ada di dalamnya

3. Ditimbang berat badannya untuk menentukan berapa banyak darah yang bisa diambil.

4. Dicek tensi darah dan kekentalan darahnya.

Apabila lolos dari semua screening tersebut, peserta baru bisa mendonorkan darahnya di tempat yang sudah disediakan dan dilayani oleh petugas dari PMI yang sudah berpengalaman.

Kali ini ditargetkan lebih dari 50 pendonor dan akan diambil darahnya berkisar 350 ml atau 450 ml. 

Sampai akhir kegiatan pukul 13:00 WIB terdata ada 85 pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya dan ada 9 peserta yang ditolak. 

Semoga dengan adanya donor darah yang merupakan termasuk program di KSO TPK Koja dan berharap dapat membantu PMI DKI Jakarta sebagai bank darah untuk menyediakan darah bagi orang lain yang sedang membutuhkan. (ahmad)