Kapal KM Sumantri Brodjonegoro Terbakar di Perairan Cilacap, Direktur KPLP: Ada 27 ABK

  • Oleh : Naomy

Rabu, 01/Des/2021 14:50 WIB
Kapal terbakat di perairan Cilacap Kapal terbakat di perairan Cilacap

JAKARTA ( Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengkonfirmasi insiden terbakarnya kapal KM Sumantri Brodjonegoro. Kapal terbakar di perairan Cilacap Jawa Tengah pada Rabu (1/12/2021) pagi.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad mengungkapkan tidak ada korban jiwa dari insiden yang menimpa kapal dengan nomor IMO 7518551 ini.

Baca Juga:
Buku Pelaut Goes to Campus, Mampu Hindari Praktik Percaloan

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata Ahmad.

Dia mengungkapkan, usai menerima informasi tim quick respon KPLP dibantu kapal lain langsung melakukan evakuasi. Adapun jumlah Anak Buah Kapal (ABK) pada saat kejadian sebanyak 27 orang.

Baca Juga:
Kemenhub Kukuhkan 35 Ahli Ukur Kapal Metode Dalam Negeri

"Korban yang berhasil dievakuasi di tempatkan di salah satu ruangan milik Pertamina," ungkapnya.

KM Sumantri Bojonegoro merupakan kapal milik PT PI Logistik/Pusri yang tercatat sebagai kapal pengangkut urea berbendera Indonesia.

Baca Juga:
Kemenhub Tunggu Kewenangan Luhut Soal Izin Perjalanan Kapal Ekspor Batu Bara

"Info awal kebakaran bersumber dari kamar pelayan. Saat ini sedang dilakukan proses pemadaman melibatkan TB. Midai, TB Transko Murai, TB Jayanegara 308 dan beberapa kapal lain," imbuh Ahmad.

Dia menambahkan bahwa musibah tersebut sudah tertangani dengan baik dan dipastikan bahwa kejadian tersebut tidak mengganggu alur pelayaran. (omy)