Dies Natalis ke-9, Poltek Pelayaran Malahayati Buat Terobosan

  • Oleh : Naomy

Minggu, 05/Des/2021 19:29 WIB
Capt. Antoni Arif Priadi di Dies Natalis ke-9 Polteklel Malahayati (IG Poltekpelaceh) Capt. Antoni Arif Priadi di Dies Natalis ke-9 Polteklel Malahayati (IG Poltekpelaceh)

 

MALAHAYATI (BeritaTrans.com) -  Dalam menghadapi perubahan di berbagai aspek kehidupan yang semakin cepat, rumit, dan sulit diprediksi, inovasi pendidikan sangat diperlukan dan harus menjadi prioritas seiring dengan pentingnya peran pendidikan sebagai penopang utama kualitas sumber daya manusia yang diharapkan mampu mengejar ketertinggalan dan siap menghadapi revolusi industri 4.0. 

Baca Juga:
BPSDMP Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Poltekpel Malahayati Aceh

Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Dr. Capt. A. Arif Priadi saat memberikan sambutan pembukaan dalam Upacara Dies Natalis ke-9 Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh, Sabtu (4/12/2021).

Dies natalis kali ini mengusung tema "Creation, Innovation for Transformation of Education and Training" dan diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 secara disiplin.

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

“SDM yang berkompeten, berdaya saing global, serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berperan penting memajukan Indonesia," ungkap Capt. Arif.

Hal itu penting, sebagaimana arahan Menteri Perhubungan bahwa lembaga pendidikan transportasi harus siap di garis terdepan dalam mencetak SDM transportasi yang unggul, kompeten, dan kompetitif di masa depan. 

Baca Juga:
BPSDMP Dorong Kampusnya Tingkatkan Recovery Usai Pandemi

Untuk itu, Poltekpel Malahayati sebagai unit pelaksana teknis yang mendidik calon SDM profesional harus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikannya, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki hard skill dan soft skill guna menjawab berbagai tantangan dunia global.

"Berada di ujung paling barat Indonesia tidak seharusnya menjadi halangan untuk terus berinovasi dalam bidang pendidikan, namun justru menjadi motivasi untuk membuktikan bahwa Poltekpel Malahayati mampu dan selalu berupaya menciptakan inovasi serta berani tampil beda dengan mengedepankan sasaran dan kriteria yang jelas," urainya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Poltekpel Malahayati, yang dengan impian besar, semangat berinovasi, dan tantangan pandemi Covid-19, mampu memberikan terobosan-terobosan dalam penyelenggaraan pendidikannya.

"Agar berjalan dengan lancar dan maksimal walaupun para Taruna mengikuti pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing," imbuh Capt. Arif.

Dia berharap, semoga di masa yang akan datang Poltekpel Malahayi beserta seluruh civitas akademikanya dapat terus menciptakan inovasi dan terobosan khususnya di bidang pendidikan, sehingga mampu menghasilkan SDM transportasi khususnya bidang pelayaran yang kompeten dan berdaya saing global.

Dalam kesempatan sama, Direktur Poltekpel Malahayati Aceh, Dr. Capt. Tri Cahyadi melaporkan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati Dies Natalis ke-9 Poltekpel Malahayati bermacam-macam.

Di antaranya kegiatan donor darah, Grand Opening The Maritime Cadet Innovation Corner, Indonesia Maritime Cadets Sharing Season, Malahayati Fast Response Emegerncy Team, Covid-19 Vaccination for Seafarers and The Civitas Academic of Politeknik Pelayaran Malahayati, serta Soft Launching Master Aplication "Malahayati Assesment Electronic System".

"Beberapa kegiatan yang dilaksanakan merupakan wujud dari terobosan yang dilakukan Poktekpel Malahayati guna meningkatkan kualitas mutu pendidikan, sehingga dapat menghasilkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing," bebernya. 

Terobosan itu juga masih akan terus dikembangkan, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. (omy)