Tornado Hancurkan 5 Negara Bagian Amerika, 50 Orang Tewas

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 12/Des/2021 05:33 WIB


KENTUCKY (BeritaTrans.com) - Tornado dahsyat menghantam Kentucky dan lima negara bagian AS lainnya, Sabtu (12/12/2021), menewaskan puluhan orang dan meluluhlantakkan rumah, pabrik, dan gudang di sepanjang jalan yang membentang lebih dari 200 mil.

Baca Juga:
Ribuan Penerbangan Lagi Dibatalkan Akibat Serangan Badai Salju di Timur Amerika

Gubernur Kentucky Andy Beshear mengatakan setidaknya empat tornado menghantam beberapa bagian Kentucky pada tengah malam, menyebabkan kerusakan signifikan di puluhan kabupaten. Tornado terbesar menempuh jarak lebih dari 227 mil melintasi negara bagian itu.

Korban tewas bisa melebihi 50 orang dan bisa mencapai hingga 100, katanya pada konferensi pers, Sabtu (11/12) pagi.

Baca Juga:
Badai Tropis Ganas Ancam New York, Boston, Beijing dan Tokyo

Kereta tampak tergelincir di tengah kerusakan dan puing-puing akibat hantaman tornado di beberapa negara bagian AS di Earlington, Kentucky, AS, 11 Desember 2021. (Foto: REUTERS/Cheney Orr)Kereta tampak tergelincir di tengah kerusakan dan puing-puing akibat hantaman tornado di beberapa negara bagian AS di Earlington, Kentucky, AS, 11 Desember 2021. (Foto: REUTERS/Cheney Orr)

"Laporan itu benar-benar memilukan," katanya. "Ini adalah salah satu malam terberat dalam sejarah Kentucky dan beberapa area telah dilanda dengan cara yang sulit diungkapkan dengan kata-kata."

Baca Juga:
Kenaikan Muka Air Laut & Kerusakan Lingkungan akan Tenggelamkan Kota-Kota Pesisir, Solusinya Beragam dan Terlambat

Kehancuran terburuk terjadi di Mayfield, sebuah kota kecil berpenduduk sekitar 10.000 orang di bagian paling barat Kentucky, di mana negara bagian itu bertemu dengan Illinois, Missouri dan Arkansas.

Beshear mengatakan sekitar 110 orang berada di dalam pabrik lilin di daerah itu ketika tornado menerjang, meruntuhkan atap dan menyebabkan korban massal.

Video dan foto yang diunggah di media sosial tetapi belum diverifikasi keasliannya oleh Reuters menunjukkan bangunan bata di pusat kota Mayfield menjadi puing. Mobil-mobil yang diparkir hampir terkubur di bawah batu bata dan puing-puing. Menara di gedung pengadilan Graves County di Mayfield tampaknya telah runtuh, foto-foto di Twitter menunjukkan.

Pusat distribusi Amazon rusak berat setelah tornado melanda daerah itu Jumat, 10 Desember 2021, di Edwardsville. (Foto: AP)

Pusat distribusi Amazon rusak berat setelah tornado melanda daerah itu Jumat, 10 Desember 2021, di Edwardsville. (Foto: AP)

Beshear mengatakan pada dini hari, lebih dari 56.000 orang di Kentucky tidak mendapat aliran listrik. Dia mengumumkan keadaan darurat dan mengerahkan puluhan pengawal nasional.

Sementara itu satu orang tewas dan lima terluka parah ketika tornado menghantam sebuah panti jompo dengan kapasitas 90 tempat tidur di Monette, Arkansas, sebuah komunitas kecil di dekat perbatasan dengan Missouri, menurut Hakim Craighead County Marvin Day.

Beberapa mil jauhnya di Leachville, Arkansas, tornado menghancurkan sebuah toko, menewaskan satu orang, dan menghancurkan sebagian besar pusat kota, menurut Lt. Chuck Brown dari Kantor Sheriff Kabupaten Mississippi di Arkansas.

Di Tennessee, cuaca buruk menewaskan sedikitnya tiga orang, kata Dean Flener, juru bicara Badan Manajemen Darurat negara bagian itu. Flener mengatakan dua tewas di Lake County dan satu di Obion County, tetapi informasi terkait kematian tersebut tidak diketahui.