Ada Temuan Kasus Covid-19, 70 Kapal Pesiar Dalam Pengawasan CDC

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 29/Des/2021 07:15 WIB
foto:istimewa/sumber:dw.com foto:istimewa/sumber:dw.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sedang menyelidiki hampir 70 kapal pesiar setelah temuan kasus Covid-19. Laporan itu datang ketika varian Omicron membatalkan perjalanan liburan selama akhir pekan Natal.

Sebanyak 68 kapal pesiar diberi klasifikasi kuning di bawah status pengujian kode warna CDC, yang berarti mereka memasuki ambang batas penyelidikan untuk kasus Covid-19. CDC saat ini sedang menyelidiki 36 kapal, sementara 32 lainnya telah diselidiki dan masih dalam pengawasan. 

Baca Juga:
Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Kedatangan Kapal Pesiar MS Viking Orion

Kapal-kapal yang sedang diselidiki atau diamati termasuk kapal dari jalur pelayaran Disney, MSC Cruises, Karnaval, Norwegia, Royal Caribbean dan Celebrity, menurut data CDC yang terakhir diperbarui pada Senin, 27 Desember 2021.

Kapal pesiar diberi status kuning ketika 0,10 persen penumpangnya memiliki gejala atau positif Covid-19 dalam tujuh hari terakhir. Kapal yang tidak membawa penumpang memiliki ambang batas 1 persen untuk awaknya.

Baca Juga:
Penumpang Kapal Pesiar yang Bersandar di Bali Dikenakan Biaya Retribusi Turis Asing

Tujuh kapal pesiar lagi dipantau oleh CDC setelah kapal diberi klasifikasi oranye, yang berarti mereka melaporkan kasus Covid-19 di antara penumpang atau awak, tetapi jumlahnya tidak memenuhi ambang status kuning.

Sebanyak 33 kapal lainnya yang tidak melaporkan kasus Covid-19 menerima klasifikasi hijau dari CDC. Tidak ada kapal yang diberi status merah atau abu-abu.

Baca Juga:
Kapal Pesiar Ocean Explorer Angkut 206 Penumpang Serta Kru Kandas di Greenland

Yang pertama diberikan kepada kapal yang memenuhi atau melampaui ambang batas penyelidikan CDC dan akan menerima tindakan kesehatan masyarakat tambahan. Sedangkan yang kedua adalah untuk kapal yang belum ditinjau atau tidak memiliki protokol kesehatan dan keselamatan yang dikonfirmasi.

Semua kapal yang terdaftar oleh CDC beroperasi di bawah protokol kesehatan dan keselamatan yang sejalan dengan standar CDC untuk melindungi penumpang, awak, personel pelabuhan, dan masyarakat dengan mengurangi risiko kesehatan masyarakat yang ditimbulkan oleh Covid-19.

Seorang juru bicara kapal pesiar Karnaval mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa CDC telah “Sepenuhnya diinformasikan dan mendukung protokol dan rencana operasionalnya.”.(amt.sumber:tempo.co.id)